RAYA – Hari pertama pelaksanaan Operasi (Ops) Keselamatan Tinombala 2023, sejumlah personel yang tergabung dalam Satgas Preemtif dan Preventif melakukan pada pengendara maupun pengguna jalan raya.

Edukasi untuk tertib berlalulintas dan sosialisasi Operasi Keselamatan Tinombala dilakukan dengan membentangkan spanduk, membagikan brosur maupun menempel stiker tentang keselamatan berkendara yang berlangsung di beberapa jalan protokol di , Selasa (7/2/2023).

Kabid Humas melalui Kasubbid Penmas, Kompol Sugeng Lestari mengatakan, kegiatan tersebut untuk mendukung pelaksanaan Operasi Keselamatan Tinombala 2023 yang berlangsung mulai 7-20 Februari 2023 mendatang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas di jalan raya, dengan mengedepankan giat preemtif 40 persen dan preventif 40 presen serta didukung giat gakkum 20 persen (etle statis dan mobile serta teguran) guna mewujudkan kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan selamat,” jelas Kasubbid Penmas di , Rabu (8/2/2023).

Ia juga menjelaskan, Operasi Keselamatan Tinombala 2023 adalah upaya mengedukasi masyarakat guna meningkatkan disiplin dalam berlalulintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas, serta tingkat fatalitas korban laka lantas menjelang bulan suci dan Idul Fitri 1444 H tahun 2023.

“Sehingga nantinya menjelang atau pada saat bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1444 H dapat tercipta kamseltibcarlantas yang kondusif,” terangnya.

Untuk mewujudkan kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas) yang lebih baik, Ia mengimbau masyarakat saat berkendara untuk tertib berlalulintas. “Kembali kami ingatkan kepada para pengguna jalan untuk patuhi dan tertib berlalulintas, seperti memakai helm bagi pengendara sepeda , gunakan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat,” imbaunya.

Disamping itu, ia juga mengingatkan pengendara untuk selalu membawa kelengkapan diri maupun surat-surat kendaraan. “Jadilah pelopor tertib berlalulintas, karena keselamatan berlalulintas yang pertama dan utama,” imbaunya. */YAT