SULTENG RAYA – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Morowali Utara, yang dipusatkan di Beteleme, Kecamatan Lembo, berlangsung sukses dan meriah, Minggu (19/11/2023).

Kegiatan diawali dengan donor darah di Gedung Serbaguna Beteleme pada pagi hari. Aksi kemanusiaan ini dilakukan bekerjasama dengan PMI Kabupaten Morowali Utara.

Bupati Morut Delis Julkarson Hehi yang hadir bersama Ketua TP PKK Morut Febriyanthi Hongkiriwang pada sore hari, melepas peserta jalan santai.

Jalan santai diikuti sekitar seribuan orang peserta. Panitia HUT KKSS menyiapkan puluhan door-prize dengan hadiah utama dua buah , dua sepeda listrik dan satu sepeda.

Hadiah menarik lainnya adalah kulkas, mesin cuci, rice box, TV, kipas angin, kompor gas, setrika, blender, dispenser, dan sejumlah hadiah lainnya.

Kegiatan itu semakin menarik dengan tampilnya dua artis ibukota yakni DJ Laras dan Cindy Wilona. Masyarakat ikut bergoyang mengikuti irama lagu yang dinyanyikan.

Dalam sambutannya di sela-sela penyerahan hadiah utama, Bupati Morut Delis Julkarson Hehi mengucapkan selamat atas peringatan HUT ke-3 KKSS Kabupaten Morowali Utara.

Ia menegaskan, Morowali Utara merupakan rumah bersama untuk semua warga tanpa membeda-bedakan latar belakang suku, ras, agama, dan status sosial.

“Morut rumah kita bersama. Karena itu, mari kita jaga dan pelihara persatuan dan kesatuan, jaga keamanan, demi kenyamanan dan kedamaian kita bersama,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) KKSS Morut, Hj. Megawati Ambo Asa, SIP, MH, berterima kasih atas perhatian Pemda Morut terhadap keberadaan KKSS selama ini.

KKSS yang terdiri dari berbagai suku sudah menganggap sudah menganggap Morut sebagai kampung sendiri, apalagi sebagian besar warga KKSS menang lahir di Morut.

Menurutnya, seperti kata peribahasa “dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung tinggi” demikianlah sikap warga KKSS.

“Saya juga perlu tekankan, kami warga KKSS sangat mendukung semua program dan visi misi bupati dalam rangka mewujudkan masyarakat yang Sehat, Cerdas, dan Sejahtera (SCS),” tegasnya.

Ketua panitia penyelenggara, Drs. Benhart Tandi Tialen, melaporkan aksi kemanusiaan donor darah yang dilaksanakan bekerjasama dengan PMI Morut pada pagi hari berhasil mengumpulkan 33 kantong darah.

Pengurus KKSS juga akan memberikan bantuan sosial kepada panti asuhan dan pesantren di Kolonodale.

Dalam rangkaian peringatan HUT ke-3 KKSS Morut juga digelar pagelaran budaya yang menggambarkan kebhinekaan. VAN