SULTENG RAYA – Wakil Bupati Morowali Utara, Djira K menegaskan bahwa kegiatan keagamaan yang ada di Kabupaten Morowali Utara akan selalu mendapatkan dukungan penuh oleh Pemda. Hal ini dilakukan agar Kabupaten Morowali Utara memiliki masyarakat yang religius.

Hal ini disampaikan Wabup Djira saat

membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-V dan Festival Seni Qasidah LASQI Tingkat Kabupaten Morowali Utara Tahun 2023, bertempat di Pelataran Kantor Bupati,  Selasa malam (14/11/2023).

Kegiatan dibuka dengan penampilan Defile kafilah yang berasal dari 10 Kecamatan se-Kabupaten Morowali Utara, selanjutnya Pembacaan Doa oleh Ustadz Lalu Akroman M.H.I dari Kementerian Agama Morowali Utara serta pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang dibawakan oleh Hj.Masriah Abd. Gani dan Hj. Hasni H. Timi

Sebelum membuka secara resmi Iven ini, Wabup Djira mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Djira menjelaskan, memiliki masyarakat yang religius sangat erat kaitannya dengan visi miisi yang dimiliki oleh Kabupaten Morowali Utara yakni mewujudkan masyarakat yang sehat cerdas dan sejahtera.

Sehat yang dimaksud bukan hanya sehat secara fisik namun sehat secara spiritual. Begitu pula dengan Cerdas, Djira ingin masyarakat bukan hanya cerdas secara akademis namun dapat cerdas secara spiritual.

“Dengan kesehatan dan kecerdasan spiritual, maka kesejahteraan akan dapat terwujud”, ujarnya.

Djira berharap pelaksanaan MTQ dan Festival Seni Qasidah LASQI ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Semoga pelaksanaan MTQ dan Festival Seni Qasidah LASQI Tahun 2023 akan membawa keberkahan dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat, bahagia di dunia dan juga bahagia di akhirat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Morut Dr. H Abdul Mun'im, M.H.I mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap kitab suci Al Qur'an, memahami, menghayati serta mengamalkan isi kandungannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Abdul Mun'im berharap pelaksanaan MTQ yang sudah menjadi salah satu syiar agama yang telah membudaya di masyarakat dapat menjadi upaya untuk mempersiapkan generasi muda yang memiliki ketahanan mental spiritual yang tinggi.

Wabup Djira melakukan “Pemukulan Bedug” sebagai tanda telah dibukanya secara resmi Pelaksanaan MTQ Ke-V dan Festival Seni Qasidah LASQI Tingkat Kabupaten Morowali Utara Tahun 2023.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pengibaran Bendera MTQ, pertunjukan Tari Kolosal dan ditutup dengan penampilan Bintang Vocalis LASQI Privinsi Sulteng Dra. Muslimah Pay, M.Pd. VAN