RAYA – Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Kolonodale, Arifin Akhmad menerima kedatangan tim survei dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Daerah (Dinas PUPR) Kabupaten  Morowali Utara di ruang kerjanya, Selasa (31/10/2023).

Kedatangan tim survei dari Dinas PUPR tersebut untuk melakukan survei lokasi dan penentuan titik koordinat lokasi sumur bor untuk Lapas Kolonodale. Bantuan sumur bor ini diberikan langsung oleh Bupati Morowali Utara, Delis J Hehi yang disalurkan melalui Dinas PUPR Morut.

Dengan adanya bantuan sumur bor ini, Kalapas Kolonodale Arifin Akhmad sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah, khususnya Bupati Morut yang kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap warga binaan di Lapas Kolonodale.

“Adanya bantuan ini, kami sangat berterima kasih kepada Pemda Morut khususnya bapak bupati yang lagi dan lagi menunjukkan kepeduliannya kepada warga binaan kami, kali ini beliau memberikan bantuan sumur bor yang sangat bermanfaat bagi kami,” ucap Kalapas Kolonodale Arifin Akhmad.

Saat ini, dalam memenuhi kebutuhan warga binaan Lapas Kolonodale memanfaatkan sumber mata air dari Gunung Tondu, yang berada di Kelurahan Bahontula, Kecamatan Petasia. Adanya kemarau panjang dampak dari Fenomena El Nino yang terjadi saat ini menyebabkan debit air dari Gunung Tondu menurun drastis, yang juga berdampak pada ketersedian air bersih untuk seluruh warga binaan di Lapas Kolonodale.

Untuk mengantisipasi ketidaktersediaan air bersih yang dapat memicu gangguan keamanan dan ketertiban, Kalapas Kolonodale bersama jajaran, berkoordinasi dengan Pemda Morut terkait hal tersebut, yang langsung direspon positif oleh Pemda Morut dengan langsung memberikan bantuan sumur bor.

Tim survei bersama Kasubsi Kamtib, Heru Cahyono langsung melakukan survei titik lokasi pengeboran yang terletak pada sisi barat laut Lapas Kolonodale. *VAN