RAYA  – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulawesi Tengah berhasil meloloskan 8 atlet  untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Kepastian itu didapat usai kontingen FPTI Sulteng mengikuti Pra PON yang diadakan di Venue Panjat Tebing Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah. Dalam Pra PON XXI FPTI yang berlangsung  23-31 Oktober 2023 itu,  Kontingen FPTI Sulteng memastikan kuota 8 atlet pada hari terakhir perhitungan finalisasi.

“Dalam pengumuman hasil finalisasi kuota PON pada hari Selasa (31/10/2023), FPTI Sulteng memperoleh hasil yang membanggakan. Dari berbagai kategori yang kami ikuti, kontingen Sulteng  berhasil mengamankan 8  kuota, yakni 4 kuota putra dan 4 kuota putri,” jelas Ketua FPTI Sulteng, H. Nanang saat dihubungi media ini, Selasa.

Menurut Nanang,  FPTI Sulteng sangat bangga dengan pencapaian atlet-atletnya yang telah bekerja keras dan memberikan performa dalam setiap pertandingan.

“Meloloskan 8 atlet untuk mewakili Sulteng di PON XXI adalah suatu kehormatan dan bukti dari kerja keras mereka, serta dukungan luar biasa dari pelatih dan tim manajemen,”jelas Nanang menambahkan.

Anggota DPRD Kota ini juga mengatakan, pencapaian di Semarang merupakan baru, karena mampu meloloskan sebanyak 8 orang. Selama ini, kata dia,   FPTI Sulteng paling banyak mengirim 3 atletnya dalam kejuaraan nasional. 

Nanang mengucapkan terima kasih kepada seluruh atlet yang mewakili Sulteng di Pra PON XXI. Menurutnya, dedikasi, latihan keras, dan semangat juang para atlet perlu mendapat apresiasi.

“Mereka diharapkan bisa memberikan penampilan terbaik di PON dan menjadi inspirasi bagi generasi muda di Sulteng,” kata Nanang.

Adapun 4 empat atlet putra yang dinyatakan lolos PON yakni Ivan Alana, Alfain,

Arya Wiraraja, dan Muh.Akira Fitra. Sementara atlet putri yakni Fatya Sifa Ramadani, Kinaya Maulidya, Nuriyatun Ainun dan  Silvia Detriel Elvirapidu.

“Dengan yang telah diraih, FPTI Sulteng dan para atletnya bertekad untuk terus berlatih  keras, mengasah kemampuan, dan mewakili Negeri Seribu Megalit dengan kebanggaan di PON 2024 mendatang,”tegas Nanang. WAN