RAYA – Kasubsektor Moilong Polsek Toili, Iptu Priyono Buwono melakukan pengamanan dan pendampingan penyaluran bantuan ternak ayam kampung tahun anggaran 2023 kepada warga di Desa Toili, Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai, Sabtu (29/7/2023).

Iptu Priyono menyebutkan, sebanyak 900 ekor ayam kampung diberikan oleh Pemerintah Desa Toili kepada masyarakat yang merupakan realisasi dari program ketahanan pangan nabati dan hewani yang berfokus pada pemeliharaan dan penggemukan hewan ternak. “ini adalah program pemanfaatan dana desa yang bertujuan untuk meningkatkan usaha dan perekonomian masyarakat di desa ini,” kata Priyono.

Penyaluran bantuan ternak ayam ini kata Prio, diberikan kepada 100 orang penerima, masing-masing mendapatkan 9 ekor yaitu satu jantan dan 8 betina. Kedepannya kata dia, semoga pembagian ini bisa bermanfaat kepada masyarakat yang kurang mampu. “Kegiatan yang bersumber dari anggaran APBDes tahun 2023 ini adalah cara yang efektif dan efisien untuk menghidupkan perekonomian warga secara ,” ujarnya.

Strategi penguatan ketahanan pangan lanjutnya, harus berawal dari kebutuhan masyarakat dan semua harus bersinergi dengan baik, agar dapat terwujud pola kolaborasi dari hulu hingga hilir. “Penggunaan dana desa perlu dipastikan berjalan efektif dan tepat sasaran. Jadikan desa sebagai lumbung pangan maka kemandirian pangan dapat tercapai,” jelasnya. */MAN