SULTENG RAYA – Lurah Tavanjuka, Putra Maharandha Airlangga, menghadirkan layanan baru bagi warga, yakni Layani Keluarga Berduka Kelurahan Tavanjuka disingkat ‘Yaku' Kelurahan Tavanjuka.

“Bulan ini (Juni) sekitar seminggu yang lalu, tepatnya sejak saya masuk menjabat di Tavanjuka. Nah, Program Yaku Kelurahan Tavanjuka hadir demi mewujudkan adanya kehadiran negara atau pemerintah di tengah warga, dalam hal ini duka warga,” kata Lurah Tavanjuka, Ahad (18/6/2023).

Ia menyampaikan, layanan hasil kerja sama Disdukcapil Kota tersebut, bertujuan memberikan layanan baik  kepada warga sedang berduka, sehingga warga berduka tidak perlu repot mengurus administrasi negara, yakni kartu keluarga baru dan akta kematian.

“Ini khusus pelayanan akta kematian dan kartu keluarga baru, yang kami kerjasamakan dengan pihak Disdukcapil Kota Palu,” ucapnya.

Adapun mekanisme pelayanan, urainya, cukup sederhana. Jika ada kedukaan, di wilayah Tavanjuka, staf Kelurahan Tavanjuka diberi tugas mengunjungi rumah duka meminta KTP dan KK untuk dibuatkan surat keterangan meninggal di kantor kelurahan. Kemudian, dikoordinasikan dengan Disdukcapil Kota Palu dan menunggu untuk dikirimkan file pdf oleh pihak Disdukcapil.

“Jika ada yang meninggal dunia, kami meminta staf ke rumah duka mengambil KTP dan KK untuk kami buatkan surat keterangan meninggal di kantor. Kemudian, dikoordinasikan dengan Disdukcapil Kota Palu dan menunggu pihak Disdukcapil untuk mengirimkan file pdf,” jelasnya.

Selain itu, pelayananya juga bisa melalui RT/RW setempat untuk diteruskan kepada pihak kelurahan.

“Dengan adanya layanan ini, harapan kami Program Yaku Kelurahan Tavanjuka bisa membantu warga yang sedang berduka dan diharapkan warga puas atas layanan yang kami lakukan,” katanya.ULU