RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) melaksanakan sosialisasi sistematika penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2023 di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Selasa (6/6/2023).

Sosialisasi yang diikuti seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup itu, menghadirkan Pelaksana Harian (Plh) Direktur Evaluasi dan Peningkatan Kapasitas Daerah, Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Imelda.

Wali Kota Hadianto meminta agar kepala-kepala OPD mengikuti dengan baik kegiatan tersebut, sehingga tidak hanya menguasai sistematikanya, tetapi bisa sejalan selaras dengan performa sebenarnya di tataran OPD.

“Saya ingin betul-betul selaras dengan performa kerja secara realistis yang dilakukan oleh seluruh kita OPD,” ujar Wali Kota.

Menurutnya, kalau hal tersebut berjalan baik, hal tersebut menunjukkan manajemen yang berjalan di OPD berjalan dengan benar.

Oleh karena itu, kata dia, performa kerja dari para OPD sebagai bagian terpenting penyelenggaraan pemerintah daerah itu sendiri, harus bekerja dengan sebaik-baiknya.

“Ini bukan hanya terkait sosialisasi sistematika atau cara pelaporan sehingga mendapat penilaian baik oleh pusat, tapi saya mau ini berbanding lurus dengan kenyataan faktualnya. Saya tidak ingin kita dibilang jelek kerjanya,” tekan Wali Kota.

Ia juga mendorong semua kepala OPD, camat, hingga lurah untuk mengikuti Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

“Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengarah pada performa perbaikan kinerja Pemerintah Kota Palu,” pesannya.

Turut hadir mendampingi Wali Kota Hadianto, Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti Pettalolo. HGA