RAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai melalui Dinas Kesehatan berhasil masuk sebagai Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji tahun 2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), Senin (31/7/2023).

Berdasarkan yang diperoleh, pada tahun 2021 lalu Pemkab Banggai melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai menggagas suatu terobosan pelayanan dengan pemanfaatan teknologi yang difokuskan kepada ibu hamil yang dinamakan Ambulance Dering ibu Hamil.
Ambulance Dering itu, merupakan suatu inovasi di sektor kesehatan yang berbasis digital yakni pelayanan kesehatan kepada ibu hamil yang selama ini dilakukan secara offline datang ke fasilitas kesehatan dan kunjungan rumah bertranformasi menjadi layanan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi khusus ibu hamil yaitu DraivCare.

Inovasi itu bekerjasama dengan start up lokal Draiv untuk penyediaan fitur jasa online DraivCare. Kerjasama yang bergerak di sektor jasa transportasi online (ojek online) dengan penyediaan fitur DraivCare pada aplikasi Draiv tersebut menjadi keunikan dalam inovasi itu.

Dalam aplikasi DraivCare ibu hamil dapat berkonsultasi dengan petugas kesehatan (bidan) maupun melakukan panggilan kegawatdaruratan (emergency call) selama 24 jam penuh, tanpa dibatasi oleh jam kunjungan pelayanan yang selama ini didapatkan pada layanan offline.

Keunggulan lainnya adalah kekuatan kolaborasi dalam mensukseskan inovasi, hal ini ditandai kesediaan dari pihak start up lokal Draiv yang telah memiliki pelanggan sebanyak 39 ribu konsumen untuk menambah indikator standar pelayanan minimal (SPM) ibu hamil sebagai bagian dari fitur jasa online mereka.

itu merupakan rangkaian dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di lingkungan Kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah tahun 2023. */MAN