RAYA – Sebagai bentuk kepedulian terhadap pencegahan pernikahan dini khususnya di Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong (), organisasi Forum Anak Daerah (FAD) Poluirandu Kecamatan Tinombo melakukan sosialisasi bahaya pernikahan dini di SMPN 3 Tinombo, Desa Bainaa, Kecamatan Tinombo, Sabtu (25/2/2023).

Dalam rilisnya, FAD Poluirandu Kecamatan Tinombo mengatakan, kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh puluhan siswa dan siswi SMPN 3 Tinombo guna menjelaskan tentang dampak negatif dari pernikahan dini itu sendiri, serta cara mencegahnya kepada anak-anak usia sekolah.

“Kita ketahui bersama pernikahan dini sangatlah tidak baik utamanya buat anak-anak yang masih usia sekolah,” ujar Dhiny Putri, salah seorang pengurus FAD Poluirandu Kecamatan Tinombo.

Dhiny juga menjelaskan, pernikahan dini dapat dicegah dengan menanamkan -nilai khsusunya keagamaan, kepada anak-anak agar terhindar dari pergaulan yang salah serta mengajak orang tua dan guru untuk bersama-sama mengawasi dan membina anak-anak agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang bisa menyebabkan anak terpaksa menikah di usia yang masih belia.

“Butuh komitmen dan kerjasama antara orang tua, forum anak dan guru di sekolah memberikan pengawasan dan pembinaan kepada anak-anak khususnya anak usia sekolah,” jelas Dhiny yang juga Duta Anak Anti Narkoba Kabupaten Parigi Moutong 2022 itu.

Dalam sosialisasi tersebut, juga dirangkaikan dengan pemilihan pengurus Forum Anak Desa untuk Desa Bainaa dan Desa Ambason Mekar, Kecamatan Tinombo.

“Jadi, anak-anak yang terpilih dari Desa Bainaa dan Desa Ambason Mekar kami pilih untuk menjadi pengurus forum anak di tingkat desa, ke depan mereka akan kami usulkan untuk dilantik dan diberikan Surat Keputusan (SK) pengurus,” sebut Dhiny.

Ditambahkannya, sosialisasi forum anak ini juga didukung oleh beberapa pihak khususnya Pemerintah Kecamatan Tinombo dan pihak swasta seperti Bank Sulteng Cabang Tinombo, Taman Baca Masyarakat (TBM) Tinombo Mombaca serta Kepala Sekolah dan dewan guru SMPN 3 Tinombo. “Alhamdulillah kami disupport oleh beberapa pihak sehingga kegiatan bisa lancar terlaksana,” tambahnya. */YAT