RAYA – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama mulai bersiap mengikuti kegiatan skala regional Indonesia Timur bertajuk “Pekan Olahraga Riset Ornamen Seni PTKIN se-Indonesia Timur” (Poros Intim).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama Dr. H. Faisal Attamimi mengemukakan jika UIN Datokarama kini siap bersaing dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia Timur dalam kegiatan Poros Intim.

“Oleh karena itu, UIN Datokarama tidak hanya sekedar ikut berpartisipasi. Tetapi lebih dari itu, UIN Datokarama pada kegiatan Poros Intim akan berupaya mengukir ,” ujar Faisal Attamimi, Senin (10/6/2024).

Poros Intim, salah satu kegiatan regional di bawah naungan Kementerian Agama. Merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan dengan tujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi antar PTKIN di kawasan Indonesia Timur.

Di samping itu, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengasah potensi dan presitasi di bidang olahraga, riset, dan seni. Kegiatan ini akan diisi dengan berbagai perlombaan, seperti cabang olahraga, seminar, pameran riset, dan pertunjukan seni.

Oleh karena itu, Faisal Attamimi mengemukakan, UIN Datokarama berkepentingan untuk ikut berkompetisi dalam kegiatan Poros Intim yang akan diselenggarakan selama sepekan di UIN Mataram mulai tanggal 5 Juli 2024.

Saat ini, ujar dia, UIN Datokarama akan segera mendaftarkan mahasiswanya untuk mengikuti beberapa lomba di Poros Intim 2024. “Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 5 – 15 Juni 2024, atau 10 hari. UIN Datokarama mulai mendaftar hari ini,” sebutnya.

Ia menguraikan, lomba yang diikuti oleh UIN Datokarama meliputi cabang olahraga terdiri dari catur, badminton dan tenis meja. Bidang riset terdiri dari karya tulis ilmiah alquran.

Berikutnya bidang seni terdiri dari MTQ 30 juz, MHQ 10 juz, kaligrafi kategori naskah, pop solo Islami, pidato tausiah, dan debat konstitusi. “Jadi, sebelum berangkat pada tanggal 4 menuju Mataram, kami akan terus mematangkan persiapan yang diikutkan dengan pembinaan – pembinaan mental dan kompetensi para mahasiswa yang akan berkompetisi di Poros Intim,” ungkap Faisal Attamimi. *ENG