RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong () akan mengeluarkan imbauan penggunaan pelindung diri seperti masker untuk mengantisipasi kiriman dari letusan gunung Ruang di Sulawesi Utara.
Hal itu disampaikan Parmout, Richard Arnaldo menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti upacara Hari Pendidikan Nasional di halaman Kantor Bupati Parmout, Kamis (2/5/2024).
Richard mengaku mengetahui adanya kiriman abu vulkanik khusunya di wilayah utara Kabupaten Parmout dari beberapa media sosial BMKG.
“Kami akan segera mengeluarkan imbauan penggunaan alat pelindung masker dalam beraktivitas. Tapi secara resminya kami belum mendapatkan surat atau imbauan dari pemerintah atau lembaga yang berwenang melihat kondisi secara rillnya. Tapi kami sudah mempersiapkan. Kalau sudah ada surat resmi segera kami buat surat edaran,”ujarnya.
Selain itu, kata Richard, pihaknya juga telah menyampaikan secara lisan kepada Dinas Kesehatan untuk menyiapkan tenaga medis maupun kesiapan sarana kesehatan sebagai antisipasi adanya gangguan kesehatan yang dialami masyarakat sebagai dampak kiriman abu vulkanik.
“Secara lisan saya sudah sampaikan kepada teman-teman di Dinas Kesehatan, rumah sakit maupun di Puskemas di wilayah utara untuk mempersiapkan diri jika tiba-tiba ada keluhan masyarakat mengalami gangguan ispa sebagai akibat kiriman abu vulkanik tersebut,”jelasnya. AJI