SULTENG RAYA – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota , G A Nasser, berharap Kelurahan Tatura Utara dapat terpilih mewakili Sulawesi Tengah dalam 20 besar Kelurahan “Cantik” atau Cinta Statitik.

“Kami berharap Kelurahan Tatura Utara, bisa terpilih mewakili Sulteng dalam 20 besar Kelurahan Cantik dan mendapatkan tingkat nasional. Serta, dapat menjadi percontohan dan rujukan Pembangunan Statistik Satu Data Indonesia,” katanya, Selasa (31/10/2023).

Untuk mewujudkan hal itu, Nasser, menjelaskan bahwa pihaknya bersama Kominfo Kota Palu sebagai walidata, Bappeda Kota Palu sebagai Sekretariat Forum SDI Kota Palu dan bagian Pemerintahan Setda Kota Palu, telah melakukan kolaborasi dalam kegiatan pendampingan.

“Kami telah bahas bersama sebelum launching dilaksanakan untuk persiapan dan agenda kegiatan yang disepakati,” ucapnya.

Adapun tujuan khusus program desa/kelurahan cantik, yakni untuk meningkatkan kapasitas desa/kelurahan dalam pengelolaan dan pemanfaatan data statistik, mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki dalam rangka mendukung pembangunan.

“Untuk tugas pendampingan bertujuan meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik, sehingga program pembangunan tepat sasaran, serta membentuk agen atau komunitas statistik,” jelasnya.

Khusus Kelurahan Tatura Utara, kata dia, telah dilakukan pendampingan Tim Pembina Kelurahan Cantik Kota Palu selama periode Juli-Oktober 2023, kemudian akan lanjut monitoring oleh BPS RI dan BPS Provinsi pada periode yang sama.

“Selanjutnya pada November-Desember 2023, tim penilai BPS RI dan BPS Provinsi akan melakukan penilaian, pada periode ini juga dilakukan penyampaian laporan Desa/Kelurahan Cantik ke Tim BPS RI,” ujarnya. ULU