RAYA – Dharma Wanita Persatuan (DWP) turut mengambil peran dalam rangka mencegah di Kota dengan cara menggelar penyuluhan sadar pangan cegah stunting, di salah satu wisata keluarga di Kota Palu, Sabtu (14/10/2023).

Pada kegiatan mengusung tema ‘Peran Strategis Dharma Wanita Persatuan dalam Mengolah Bahan Pangan Lokal untuk Pencegahan Stunting Sejak Dini', dirangkaikan dengan lomba olahan makanan berbasis bahan lokal.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kota Palu, Imran Lataha, mengatakan, stunting adalah masalah serius berdampak jangka panjang pada generasi mendatang.

“Dimana masalah gizi kronis tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dari anak-anak,” jelas Asisten Imran.  

Olehnya, ia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dilaksanakannya penyuluhan sadar pangan cegah stunting dirangkaikan dengan lomba olahan makanan berbasis bahan lokal.

Menurutnya, Kota Palu memiliki keberagaman budaya dan sumber daya alam yang luar biasa. Salah satu aspek yang mencerminkan keberagaman tersebut adalah ragam bahan makanan lokal yang kita miliki.

“Dalam lomba ini, kita akan melihat bagaimana bahan-bahan lokal ini diolah menjadi hidangan lezat yang mampu bersaing dengan hidangan internasional. Ini adalah langkah besar dalam mengangkat citra kuliner khas Kota Palu,” katanya.

Ia meyakini, lomba olahan makanan berbasis bahan lokal tersebut sangat bermanfaat guna memenuhi gizi baik, ujung-ujungnya berdampak pada pencegahan stunting.

Terlebih, keberhasilan pencegahan Stunting, tidak terlepas dari peran ibu-ibu yang merupakan anggota DWP Kota Palu. Oleh karena itu, kata dia, sebagai kaum yang juga berperan sebagai istri dan ibu, kita semua dapat mengambil bagian sebagai bentuk kepedulian terhadap kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

“Kita harap peran dari ibu-ibu bisa mengambil bagian dari event-event yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Palu, salah satunya Palu Sport Event kedepannya,” tuturnya. HGA