RAYA- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Nasional (Puspresnas) kembali mengadakan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diberikan kepada sekolah berprestasi sebagai , sekaligus mendukung pengembangan talenta peserta didik. 

Untuk terdapat 25 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berhasil menerima BOS Sekolah Prestasi tersebut, tiga diantaranya adalah sekolah swasta dan 22 sekolah lainnya adalah negeri.

Jumlah dana BOS yang diterima setiap sekolah itu cukup pervariasi sesuai prestasi yang dimiliki sekolah itu. “Paling rendah itu Rp35 juta sementara yang tertinggi Rp120 juta,”sebut Kabid SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota , Erwin. Rabu (4/10/2023).

Program BOS Kinerja Sekolah Prestasi memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong pengembangan prestasi peserta didik. Dana yang diberikan kepada sekolah-sekolah berprestasi dianggap sebagai bentuk dukungan dan penghargaan atas prestasi yang telah diraih. Selain itu, program ini juga berfungsi sebagai pemicu atau inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi peserta didik mereka.

Sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, sekolah yang menjadi penerima dana BOS Kinerja Sekolah Prestasi adalah sekolah yang telah meraih penghargaan, medali, atau sertifikat prestasi dalam ajang-ajang kompetisi di tingkat provinsi, nasional, dan/atau internasional. Sekolah-scholah ini telah membuktikan kompetensinya di berbagai bidang, seperti riset dan inovasi, seni budaya, dan olahraga.

Dengan harapan, sekolah penerima BOS Kinerja Sekolah Prestasi itu mampu meningkatkan prestasi yang dimilikinya saat ini, sehingga tahun depan peluang untuk lebih besar BOS Kinerja  yang diterima semakin terbuka. ENG