RAYA-Pengurus PGRI Sulawesi Tengah (Sulteng), dipimpin Ketua PGRI Sulteng  Syam Zaini melakukan Audiensi dengan Kapolda Sulteng diterima di ruang kerja Kapolda Sulteng, Irjen Pol DR. Agus Nugroho, Sik, SH, MH, Jumat (29/9/2023).

Dalam kesempatan itu, PGRI Prov SulTeng menyampaikan beberapa  point pokok-pokok pikiran kepada Kapolda, antara lain tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara PB PGRI dengan .

PGRI Sulteng meminta dengan sangat agar dapat diteruskan pada /Polsek wilayah hukum . Ketua PGRI Sulteng juga menyampaikan apresiasi kepada Polda, atas kesediaan Polda yang selalu menghadiri untuk menjadi narasumber di setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh PGRI Sulteng.

Pada kesempatan tatap muka ini, PGRI Sulteng juga meminta, jika ada rekan guru anggota PGRI yang berhadapan dengan hukum agar kiranya PGRI Sulteng malalui LKBH PGRI dan DKGI PGRI dilibatkan untuk membantu pihak kepolisian,  baik berupa data maupun saran-saran yang akan diberikan.

“Berkaitan dengan nota kesepahaman tersebut, kami PGRI Provinsi Sulteng, meminta dengan sangat agar dilakukan pendekatan Restorasi Justive, dalam perkara yang berkaitan dengan perlindungan hukum profesi guru,” sebut Ketua PGRI Sulteng Syam Zaini kepada Kapolda.

Tidak lupa PGRI Sulteng menyampaikan permohonan izin agar dapat menyelenggarakan HUT PGRI/HGN 2023 di bulan Nopember yang akan dilaksanakan di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai.

Silturrahmi yang berlangsung dengan akrab tersebut sangat direspon dengan hangat oleh Kapolda Sulteng. Kapolda menyampaikan terimakasih atas kedatangan PGRI yang merupakan wadah berhimpunnya para guru. “Saya dapat seperti ini (menjadi Jenderal ), karena jasa dari para guru-guru, olehnya saya sangat berterimakasih atas kedatangan PGRI, sampaikan salam saya kepada semua guru di Sulawesi Tengah,” sebut Kapolda.

Dalam pertemuan itu, Kapolda menyampaikan akan meneruskan nota kesepahaman kepada Polres/Polsek di wilayah hukum Polda Sulteng, sekaligus akan menyampaikan hal tersebut pada apel evaluasi bulanan pada jajaran Polda.

Adapun tentang pelaksanaan HUT PGRI tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Luwuk, Kabupaten Banggai, Kapolda mempersilahkan untuk dilaksanakan. “Silahkan dilaksanakan, asal saja bukan dalam rangka kampanye, karena saat itu menjelang akan digelarnya pilpres dan pilkada 2024,” pesan Kapolda. *ENG