RAYA – Sebanyak 30 Universitas Tadulako () berhasil lolos mengikuti program Ferienjob 2023 atau magang berbayar di berbagai perusahaan di Jerman.

Ke- 30 mahasiswa tersebut berasal dari enam fakultas yakni Fakultas  dan Bisnis, Fakultas , Fakultas Ilmu dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Teknik.

Kegiatan pelepasan mahasiswa Ferienjob ini dilaksanakan pada Hari Jumat (22/9/2023) bertempat di ruang Rektor Untad dan dihadiri oleh segenap jajaran pimpinan, mulai dari Rektor, Ketua Senat, Dekan Fakultas, Wakil Dekan, Ketua Program Studi serta para mahasiswa terpilih.

Dalam sambutan Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Amar . S.T, M.T menyampaikan rasa bangganya atas terpilihnya  mahasiswa Untad dalam program magang ke luar negeri. Kesempatan tersebut merupakan kesempatan yang sangat untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kapasitas para mahasiswa.

“Pertama saya mengucapkan selamat atas terpilihnya 30 Mahasiswa dalam program Ferienjob. Untuk pertama kalinya mahasiswa Untad berhasil mengikuti program magang ke luar negeri. Hal ini tentunya merupakan tonggak bagi Untad. Olehnya itu, saya sangat bangga kepada kalian semua. Kesempatan ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi mahasiswa kita dan harus digunakan dengan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu, menimba pengalaman dan meningkatkan skill serta kapasitas,” ujar .

Pengelaman ini juga kata Prof Amar, yakni magang di luar negeri terutama di benua Eropa adalah pengalaman yang belum tentu didapatkan oleh mahasiswa lain, bahkan universitas lain di Indonesia. Olehnya itu Prof Amar berpesan bagi mahasiswa terpilih, agar mereka mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang tentunya berbeda dengan Indonesia.

“Kedisiplinan di Eropa itu sangat tinggi. Olehnya itu kalian harus mampu beradaptasi dengan dunia kerja di sana. Pesan saya, jadilah pribadi yang baik, jaga attitude, dalam pergaulan, yang paling penting percaya diri dan timbalah ilmu sebanyak-banyaknya,” Prof Amar.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Amar juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Wakil Rektor Bidang Kerja Sama,  Dr. sc. Agr. Ir Aiyen, M.Sc. atas terjalinnya kerja sama dengan pihak luar negeri yang tentunya sangat mendukung keberhasilan Indeks Utama (IKU) perguruan tinggi dan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek.

“Selaku Rektor saya sangat mengapresiasi dan menyambut hangat atas upaya yang telah dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama hingga terlaksananya program ini, juga kepada para Dekan dan Ketua Prodi yang telah membina anak-anak kita hingga dapat terpilih untuk magang keluar negeri,” sebut Rektor.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama,  Dr. sc. Agr. Ir Aiyen, M.Sc dalam kesempatan tersebut menyampaikan  bahwa mahasiswa yang terpilih dalam program ini telah melalui serangkaian seleksi dan merupakan mahasiswa yang memiliki profil yang cemerlang.

“30 mahasiswa yang terpilih ini adalah pilihan dari 100 lebih pendaftar.  Mereka adalah mahasiswa yang memiliki kedisipilinan, sesuai dengan profil mahasiswa masa kini yang berani menerima tantangan dan mampu bersaing,” sebut Dr Aiyen.

Rencananya ke 30 mahasiswa Untad ini akan melaksanakan program magang di beberapa perusahaan besar di Jerman selama tiga bulan. Adapun pemberangkatannya akan dibagi  dalam dua kloter yaitu keberangkatan tanggal 1 Oktober 2023 sebanyak 17 mahasiswa dan keberangkatan tanggal 3 Oktober sebanyak 13 mahasiswa.*ENG