RAYA – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama () Sulawesi Tengah melalui Pembimas Hindu, menyelenggarakan pembinaan dan bimbingan keluarga sukinah bagi generasi muda Hindu tingkat Sulteng, di salah satu hotel di , Kamis (21/9/2023).

Pada kegiatan yang mengusung ‘bimbingan perkawinan bagi remaja hindu dan calon pengantin (catin) menuju generasi emas 2045' itu, Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenag Sulteng, Ulyas Taha, mengatakan, keluarga sukinah merupakan keluarga berhasil membina kehidupan rumah tangga agar sejahtera lahir dan bhatin, tentram bahagia dan harmonis dengan berlandaskan dharma(kebenaran).

“Untuk mencapai kehidupan tersebut, kita mulai dari lingkup masyarakat yang paling kecil yakni keluarga, karena keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan keluarga sukinah,” kata Kakanwil Ulyas.

Ia berpesan kepada generasi muda Hindu agar mempersiapkan diri, baik fisik maupun mental, sehingga mampu membentuk keluarga sehat sejahtera lahir dan bhatin.

“Karena tujuan Agama Hindu adalah mencapai kehidupan yang sejahtera dan bahagia lahir bhatin di dunia dan akhirat dengan berlandaskan dharma,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, generasi muda Hindu dan pasangan catin perlu juga diberikan pemahaman tentang .

“Demi mencegah terjadinya stunting, maka harus dilakukan upaya pencegahan stunting, misalnya dengan cara merencanakan pernikahan pada usia yang ideal, melakukan tes kesehatan dan menjaga pola hidup sehat,” pesannya.

Dalam upaya mewujudkan keluarga sukinah, kata dia, maka kebutuhan hidup mutlak harus terpenuhi.

“Guna pemenuhan tersebut, kita harus memiliki sarana pemenuhannya yang diperoleh melalui bekerja. Bekerja dalam memenuhi kebutuhan hidup, menggunakan prinsip-prinsip ekonomi berdasarkan dharma yakni mengedepankan konsep lokasamgraha atau bekerja untuk kepentingan bersama sehingga memperoleh hasil yang mensejahterakan,” katanya.

Sebagai tambahan, kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, yakni sejak 21 hingga 23 September 2023 itu, diikuti 40 peserta generasi muda Hindu.

Turut hadir, Ketua PHDI Sulteng, Ketua WHDI Sulteng, Ketua STAH Darma Santana, Ketua Peradah Sulteng, Ketua KMHDI Sulteng.HGA