SULTENG RAYA-Universitas Muhammadiyah () , telah membentuk Satuan  Tugas  (Satgas)  Penanganan   dan  Pencegahan Kekerasan  Seksual  (PPKS) di lingkungan  kampus, sebagai bentuk upaya perlindungan  terhadap  kekerasan  seksual dan  perundungann  (bullying).

Hal tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Nomor :  53/KEP/14/II.3.UMP/D/2023 tentang pembentukan satuan tugas (satgas) penanganan dan pencegahan kekerasan seksual di lingkungan Universitas Muhammadiyah Palu, masa bakti 2023-2025.

Menurut Sekretaris Panitia Seleksi (Pansel), Dr. Budiman, S.Pd., M.Kes, sebelumnya terdapat 72 nama yang mendaftar di Pansel, terdiri dari dosen, tendik, dan , dan lolos seleksi administrasi sebanyak 52 nama.

Dari 52 nama itu, kembali diseleksi tertulis dan wawancara dan dinyatakan lolos sebanyak tujuh nama. “Tujuh nama inilah yang di SKkan oleh Pak Rektor sebagai Satgas PPKS Unismuh Palu, masa bakti 2023-2025. Terdiri dari dua orang dosen, satu tendik, dan empat mahasiswa,”jelasnya, Selasa (11/7/2023).

Pembentukan Satgas PPKS tersebut kata Budiman merupakan amanat dari Peraturan Mendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang PPKS di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Dimana nantinya Satgas PPKS ini memiliki tugas melakukan pencegahan yang diwujudkan dalam bentuk program maupun sosialisasi antikekerasan seksual dan peraturan rektor serta infrastruktur yang mendukung upaya pencegahan kekerasan seksual di lingkungan kampus.

Sosialisasi ini nantinya dalam bentuk roadshow ke setiap fakultas agar keberadaannya diketahui lebih masif. “Satgas PPKS tugasnya adalah melakukan pencegahan kekerasan seksual melalui pembelajaran, tata kelola, penguatan budaya, pendampingan, perlindungan dan pemulihan korban, hingga sanksi bagi pelaku,”sebutnya.

Ia menambahkan, aduan terkait tindak kekerasan seksual dapat disampaikan langsung ke Sekretariat Satgas PPKS. “Namun kami sudah menyarankan saat wawancara, agar pengaduan itu kalau bisa lewat online, karena terkadang korban takut dan malu melapor secara langsung, dan berbeda psikologinya jika  pengaduannya lewat online,”jelas Budiman.

Adapun nama-nama yang dinyatakan lolos sebagai Satgas PPKS Unismuh Palu, masing-masing Dosen Retnadumilah  Saliha, S.H., M.H (Ketua), Dosen Dr. Zhanaz Tasya, S.K.M.,M.Kes (Sekretaris), Tendik Dewi Rara Amiati, S.Pd.,M.Pd (anggota), Mahasiswa  I Wayan Amerta Yoga (anggota), Mahasiswa Aldin (anggota), Mahasiswa Muhammad Irfan (anggota), mahasiswa Sri Megawati Irwan (anggota). ENG