SULTENG RAYA – Kabar duka kembali datang dari jamaah asal Sulawesi Tengah di Tanah Suci Mekkah.

Seorang jemaah haji asal Kabupaten Banggai Kepulauan bernama Adana Binti Sahido Baku (89), tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 12 Embarkasi Balikpapan, meninggal dunia di Hotel Alwahdat, Kota Mekkah, Arab Saudi, Rabu (5/7/2023) sekira pukul 05.30 waktu setempat.

“Ada satu anggota jamaah haji asal Sulteng yang meninggal pukul 05.30 waktu setempat di Hotel Alwahdat, Kota Mekkah, Arab Saudi. Saat ini, berdasarkan laporan dari petugas haji, tercata total lima orang jemaah haji asal Sulteng yang meninggal dunia,” kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Muchlis, Kamis (6/7/2023).

Ia menerangkan, sebelumnya almarhum Adana dirawat di sektor 09 Mekkah dan direncanakan dirujuk ke Rumah Sakit King Abdul Aziz, namun dari pihak keluarga menolak dan kemudian dikembalikan ke kamar hotel, namun tetap dengan kontrol dan pengawasan dokter dan perawat kloter. 

“Diagnosanya, yakni Pneumonia dan Desaturasi (penurunan saturasi oksigen),” katanya. 

Ia menyampaikan belasungkawa kepada keluarga haji yang meninggal dan mendoakan agar Allah SWT mengampuni dosa-dosanya dan menempatkan almarhum di dalam surga. 

Sebelumnya, dua orang haji asal Kabupaten Buol meninggal pada 26 Juni 2023, satu orang meninggal asal Kabupaten Toli – Toli pada 1 Juli, dan satu orang meninggal asal Kota pada 4 Juli 2023. 

Sementara itu, rombongan pertama jamaah asal Sulawesi Tengah yang tergabung dalam kloter 9 Embarkasi Balikpapan dijadwalkan tiba di Kota Palu pada 20 Juli 2023.ANT/HGA