RAYA – Atlet Cabang Olahraga (Cabor) Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) , mewakili Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI di Aceh-Sumut tahun 2024 mendatang.

“Alhamdulilah atlet kita dari Cabor Pergatsi asal , akan mewakili Sulteng pada PON ke XXI Tahun 2024 mendatang, dan tentunya ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri untuk Kabupaten Sigi,”kata Ketua Sigi, Agus Syawal di Kantor KONI Sigi Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru, Ahad (2/7/2023).

Menurutnya, para atlet Cabor Pergatsi ini, telah mengikuti pra kualifikasi PON di Jakarta pada bulan Juni lalu, yang berjumlah 14 orang. Ketatnya seleksi tersebut, tentunya perlu pematangan serta latihan agar bisa mengikuti PON di Aceh-Sumut.

Ia juga mengatakan, Cabor Sigi lainnya juga akan mengikuti Pra Kualifikasi PON adalah Cabor Petanque, dan dirinya berharap, Cabor tersebut juga bisa lolos seleksi bersama Cabor Pergatsi.

“Sekali lagi atas nama pribadi dan ketua KONI Sigi mengucapkan selamat pada atlet Cabor Pergatsi, yang telah lolos seleksi dan akan mengikuti pelaksanaan PON XXI di Aceh tahun 2024. Jaga kesehatan dan terus berlatih untuk membawa harum nama daerah,”imbuhnya.

Sementara sekretaris umum KONI Sigi, Aspar Lapondo mengatakan, atlet Cabor Pergatsi yang lolos seleksi di dominasi dari Kabupten Sigi. Tentunya ini akan menjadi penyemangat bagi Cabor lainnya, untuk terus giat berlatih dan membawa nama daerah.

“Atlet Pergatsi yang ikuti kualifikasi, sebagian besar didominasi oleh atlet dari Kabupaten Sigi,”ungkap Aspar.

Sementara atlet lainnya kata Aspar yakni, Cabor Petanque asal Sigi juga akan mengikuti pra kualifikasi dan akan berangkat ke Provinsi Bali pada tanggal 4 Juli 2023 mendatang.

Menurut Aspar, tidak menutup kemungkinan Cabor asal Sigi lainnya juga akan masuk seleksi pada kualifikasi PON. Karena para atlet Sigi memiliki kemampuan lebih dari daerah lain, dan tentunya juga sudah memiliki catatan, sehingga atlet yang akan mengikuti PON di Aceh-Sumut, benar benar atlet yang memiliki kemampuan bukan karena pilihan.

“Mohon doa dan dukungannya kepada masyarakat Kabupaten Sigi, semoga Cabor Petanque Sigi bisa lolos seleksi dan wakili Sulteng pada PON Aceh mendatang,”harapnya.FRY