RAYA – Bupati Parigi Moutong (), Samsurizal Tombolotutu menyerahkan hasil tes pemanduan bakat olahraga murid SD dan SMP kepada Ketua Parmout, Faisan Badja di rumah jabatan (rujab) Bupati baru-baru ini.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Parmout, Sunarti Masanang, SPd, MPd mengatakan, tes pemanduan bakat yang melibatkan tim ahli dari Universitas Tadulako () tersebut telah dilaksanakan beberapa bulan dan hasilnya diserahkan ke Bupati lalu diteruskan ke Ketua KONI Parmout.

Tim tersebut kata Sunarti melakukan tes pemanduan minat dan bakat di seluruh satuan Pendidikan SD dan SMP se Kabupaten Parmout untuk menentukan cabang olahraga apa yang cocok dengan murid tersebut.

“Ada tiga orang doktor olahraga dari Universitas Tadulako yang diundang khusus oleh Pak Bupati untuk melaksanakan tes pencarian minat dan bakat anak-anak usia dini yang dilaksanakan di satuan Pendidikan SD dan SMP di semua kecamatan sejak beberapa bulan. Hasilnya sudah disimpulkan dalam bentuk satu buku sport search atau hasil tes pemanduan bakat. Di dalam buku itu ada lampiran nama anak-anak yang direkomendasikan cocok di cabang olahraga apa,”ujar Sunarti.

Sunarti menambahkan, tindak lanjut dari penyerahan tes pemanduan bakat olahraga tersebut adalah pelaksanaan pembinaan olahraga dipusatkan di beberapa kecamatan oleh KONI bekerja sama dengan Dinas Dikbud.

“Pembinaannya mungkin akan terpusat. Jadi mungkin akan kami klasifikasi lagi Bersama KONI, misalnya cabang olahraga bola voli peminatnya lebih banyak di bagian selatan, maka pusat pembinaan akan dilaksanakan di kecamatan di wilayah selatan, demikian pula untuk cabang olahraga lain pembinaannya dilaksanakan di kecamatan tertentu yang peminatnya paling dominan,”jelasnya.

Ketua KONI Parmout, Faisan Badja mengapresiasi upaya Bupati Parmout yang melaksanakan program tes pemanduan minat dan bakat olahraga. Menurutnya, hal itu akan semakin memudahkan pencarian calon atlet yang sesuai dengan minat dan bakatnya sehingga akan lebih melakukan pembinaan.

“Saya sangat mengapresiasi upaya Pak Bupati untuk melaksanakan program ini. Bahkan Pak Bupati turun langsung ke kecamatan untuk memantau pelaksanaan tes pencarian minat dan bakat olahraga ini. Semoga kedepan kita akan memiliki atlet-atlet berpestasi yang bukan saja akan megharumkan nama Kabupaten Parigi Moutong tapi juga nama Sulawesi Tengah bahkan akan memgharumkan nama Indonesia,”ujar Faisan.

Sementara itu, Bupati Parmout Samsurizal Tombolotutu berharap akan hasil tes pencarian minat dan bakat olahraga tersebut segera ditindaklanjuti oleh KONI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan. Dia berharap pembinaan olah raga di Kabupaten Parmout dilakukan secara berkonsinambungan sehingga akan menghasilkan atlet berprestasi. AJI