RAYA- Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Komunitas Lierasi di Ruang Baginda,  Hotel Sutan Raja, .  Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 25 sampai dengan 27 Juni 2023, peserta berasal dari sebelas komunitas literasi dengan jumlah 40 pegiat literasi.

Kegiatan ini di merupakan tindak lanjut dari program KKLP Kiterasi yang telah menjaring data komunitas literasi di Sulawesi Tengah.  Hal ini dilakukan dalam rangka Pemutakhiran Profil Komunitas Literasi.

Data yang telah terjaring kemudian diverifikasi dan divalidasi serta diklasifikasikan dalam kategori A,B, dan C. Komunitas dengan kategori C inilah yang mendapat bimbingan teknis pada saat ini, dengan tujuan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi pengurus serta anggota komunitas literasi dalam hal pengetahuan manajemen, cerdas berliterasi , mengelola buku dan taman baca, menyusun program yang kreatif, serta meningkatkan kompetensi literasi.

Bimbingan teknis dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Asrif, M.Hum. Dalam sambutannya, menekankan pentingnya peningkatan penguatan komunitas literasi tertmasuk dalam mengubah kategori C menjadi kategori A atau B.

Cara mengubah kategori ini dapat dilakukan dengan melengkapi syarat administrasi, misalnya harus memiliki badan hukum, NPWP, rekening, dan profil organisasi. “Semua syarat administrasi ini akan membantu komunitas dalam mengikuti program Badan Bahasa di tahun 2024 berupa pemberian bantuan pemerintah kepada para komunitas literasi yang dianggap layak secara administrasi,”jelas Asrif, Ahad (25/6/2023).

Pada kesempatan ini pula, Kepala Balai Bahasa juga memaparkan materi tentang Program Literasi Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023.

Pemateri lain dalan kegiatan ini merupakan pakar literasi yakni fasilitator Literasi Nasional Yaumul Masri dan Nursyamsi, S.S., M.Pd., pakar literasi digital dari Dinas Komunikasi dan Informatika, Andi Chandra, pakar perpustakaan dan taman baca dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tengah, dan Neni Muhidin dari Forum Taman Baca Masyarakat Nemu Buku serta panduan Koordinator KKLP Literasi, Songgo, S.S., M.Pd. dalam penguatan komunitas.

Setelah bimtek ini para komunitas  literasi ini akan dipantau oleh Tim KKLP Literasi Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah hingga para komunitas dalam peningkatan komunitas masing-masing.ENG