SULTENG RAYA  – Menjelang pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) yang akan diselenggarakan pada tahun 2024, tokoh pemuda Kabupaten Banggai, Irwan Haino, mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan sebagai landasan utama dalam menghadapi perbedaan politik.

Dalam suasana yang semakin memanas menjelang pemilu, Irwan Haino yang akrab dipanggil “Iwan Bokir” menekankan bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal yang wajar dan harus dihormati.

Setiap individu memiliki pandangan dan penilaian yang berbeda, termasuk di antara teman dan anggota keluarga. Namun, perbedaan politik tidak boleh menghancurkan kerukunan dan persatuan yang merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat.

Iwan Bokir, sebagai tokoh pemuda yang memiliki pengaruh di Kabupaten Banggai, mengimbau para calon legislatif dan pendukungnya untuk tidak menyebarkan pernyataan yang dapat menimbulkan konflik dan pertentangan. Ia juga mendorong masyarakat untuk meningkatkan literasi politik agar dapat membuat pilihan yang berdasarkan pemahaman yang baik mengenai politik.

“Dalam proses Pemilu, sudah sepatutnya kita tidak menyebarkan kebencian, permusuhan, atau isu SARA yang dapat memecah belah masyarakat. Kami mengharapkan masyarakat Kabupaten Banggai dapat menjadikan perbedaan dalam aspirasi politik sebagai hal yang biasa, sambil tetap menjaga persatuan dan kesatuan,” ungkap Irwan Haino.

Selain itu, Irwan Haino juga menekankan pentingnya netralitas, profesionalitas, dan keadilan dari penyelenggara pemilu, seperti Komisi Pemilihan Umum () dan Badan Pengawas Pemilu () Kabupaten Banggai. Ia berharap agar mereka dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga pemilu di Kabupaten Banggai dapat berjalan dengan baik, aman, tertib, dan lancar.

Irwan Haino juga mengajak semua elemen masyarakat untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban dalam penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024, terutama di wilayah Sulawesi Tengah dan khususnya Kabupaten Banggai. Dengan demikian, diharapkan pemilu dapat berlangsung sukses dan memberikan keadilan bagi semua pihak.

“Dalam menghadapi pemilu mendatang, mari kita jaga persatuan dan kesatuan sebagai landasan yang kuat. Semoga pemilu tahun 2024 di Kabupaten Banggai berjalan dengan baik, menjunjung tinggi demokrasi yang jujur dan adil, serta memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa,”jelasnya. *WAN