RAYA-Universitas Tadulako () telah menetapkan jumlah kuota peserta yang akan diterima melalui jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) untuk tahun 2023 sebesar 2.308 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 6820/UN28/PD/2023.

Angka ini setara dengan maksimal 30 persen dari total kuota penerimaan baru universitas pada tahun 2023. Kuota tersebut terbagi secara proporsional untuk 59 program studi tingkat Sarjana dan Diploma yang ada di Universitas Tadulako.

Jalur SMMPTN dibuka dari tanggal 17 Juni 2023 sampai dengan 5 Juli 2023, pendaftaran calon peserta secara online di laman https://smmptn.untad.ac.id/.

“Selama proses ini, calon peserta diharapkan mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan,”jelas Wakil Rektor Untad bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Andi Rusdin, S.T., M.T., M.Sc, Kamis (15/6/2023).

Setelah selesai menginput data dan dokumen, calon peserta akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- di Bank Nasional Indonesia (BNI) terdekat. Setelah pembayaran dilakukan, calon peserta dapat mencetak kartu Peserta Ujian SMMPTN Universitas Tadulako 2023.
Lebih lanjut Andi Rusdin, setelah proses cetak kartu peserta, para peserta ujian akan mendapatkan akses ke penting seperti ruangan, jadwal sesi, dan waktu ujian masing-masing, yang tercantum dalam kartu mereka.

Ujian SMMPTN dijadwalkan berlangsung mulai dari tanggal 13 hingga 25 Juli 2023. Pelaksanaan ujian ini menggunakan metode Computer-Based Testing (CBT) dengan menggunakan 300 komputer yang tersedia di Gedung Media Center Universitas Tadulako.

Panitia telah menetapkan jadwal ujian dengan tiga sesi setiap harinya, kecuali pada hari Jumat yang hanya memiliki dua sesi. Tidak akan ada pelaksanaan ujian seleksi pada hari Minggu dan hari libur nasional. Sesi pagi dimulai pada pukul 7.30 WITA hingga 10.00 WITA, sesi siang berlangsung dari pukul 11.00 WITA hingga 13.30 WITA, dan sesi sore dilaksanakan dari pukul 14.30 WITA hingga 17.00 WITA.

Terkait kriteria kelulusan dalam jalur SMMPTN di Universitas Tadulako kata Andi Rusdin, akan ditetapkan berdasarkan akademik hasil ujian yang dicapai oleh calon peserta.

Selain itu, universitas juga akan memberikan perhatian khusus pada keluarga dengan kondisi keuangan yang kurang mampu dengan mengalokasikan kuota kelulusan sebesar 20 persen di setiap program studi.
Namun, tetap akan ada pertimbangan kelulusan berdasarkan ujian yang telah dicapai oleh calon peserta itu. “Dengan demikian, Universitas Tadulako berkomitmen untuk menciptakan kesempatan yang adil bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan meraih kesuksesan akademik,”jelasnya.

Koordinator Pelaksana, Yutdam Mudin, S.Si., M.Sc menambahkan, seleksi SMMPTN di Universitas Tadulako untuk tahun 2023 menggunakan jenis soal tes potensi skolastik yang mencakup tiga subtes, yaitu literasi Bahasa Indonesia, literasi Bahasa Inggris, dan literasi Matematika.

Dalam pengaturan materi UTBK, penekanannya lebih pada penggunaan logika penalaran daripada hanya bergantung pada mata pelajaran yang biasanya diajarkan di tingkat SMA//MA. Meskipun demikian, tes ini tetap memberikan gambaran kemampuan peserta dalam menghadapi studi di perguruan tinggi.
Universitas Tadulako menerapkan pendekatan yang lebih holistik dalam mengevaluasi potensi dan keterampilan peserta, dengan tujuan mencari calon mahasiswa yang memiliki kemampuan penalaran yang kuat dan mampu sukses dalam lingkungan perkuliahan.

“Tes potensi skolastik ini didesain untuk mencerminkan kemampuan intelektual peserta serta mengukur kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan akademik di tingkat perguruan tinggi,”jelasnya.

Pengumuman hasil ujian SMMPTN direncanakan akan dilakukan pada tanggal 31 Juli 2023 melalui akun masing-masing peserta. Oleh karena itu, diharapkan para peserta yang telah mendaftar untuk secara rutin memeriksa akun pribadi mereka. Informasi resmi mengenai penerimaan mahasiswa baru hanya akan diakses melalui situs resmi Universitas Tadulako di https://untad.ac.id/ atau melalui akun peserta ujian resmi yang disediakan oleh panitia di https://smmptn.untad.ac.id. ENG