SULTENG RAYA – melepas keberangkatan para pemudik yang ikut dalam program “Mudik Bersama 2023” dengan moda kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (15/4/2023).

Sebanyak 7 ribu penumpang tahap pertama, diberangkatkan menggunakan 12 kereta api dengan stasiun tujuan Surabaya, Malang, Blitar, Solo dan Yogyakarta. Flag off pelepasan mudik moda kereta api ini dilakukan oleh jajaran dan Jasa Raharja yang juga dihadiri Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Didiek Hartantyo.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono menyampaikan, program Mudik Bersama BUMN 2023 bertajuk “Mudik Dinanti, Mudik di Hati”, merupakan salah satu langkah strategis Jasa Raharja dalam memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas, khususnya bagi pemudik yang akan menggunakan sepeda .

“Melalui program ini, kami berupaya untuk mengalihkan para pemudik kendaraan roda dua ke moda transportasi yang lebih aman dan nyaman,” ujarnya.

Rivan mengatakan, pemberangkatan pemudik dengan menggunakan moda kereta api diberangkatkan dua tahap. “Jadi selain hari ini, besok kami juga akan memberangkatkan para pemudik kereta api tahap kedua dari Stasiun Senen dengan tujuan yang sama,” ujarnya.

Rivan menyampaikan, di tahun ini Jasa Raharja menyediakan kuota sebanyak 20.408 pemudik dengan menggunakan armada bus dan kereta api. “Khusus untuk kereta api, kami menyediakan 24 kereta dengan total kuota 14.000 penumpang,” tambahnya.

Rivan berharap, dengan banyaknya masyarakat yang mengikuti program Mudik Bersama BUMN, diharapkan angka kecelakaan lalu lintas selama periode tahun ini bisa menurun. “Tentunya, kita berdoa untuk semua pemudik agar diberikan kesehatan dan keselamatan sehingga bisa berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman,” ujarnya.

Sementara, Direktur Utama PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya berkomitmen mendukung program Bersama BUMN 2023 dengan upaya menyediakan armada serta memastikan sarana dan prasarana berjalan baik.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mempercayakan program mudiknya menggunakan kereta api. Kami mendukung penuh  kegiatan  mudik  bersama  ini  untuk  meningkatkan  keselamatan  para pemudik dan menekan kepadatan di jalan raya,” ujar Didiek. */ENG