RAYA-Dalam rangka memperingati dan menyemarakkan tahun baru Islam 1445 H. Pimpinan wilayah Persatuan guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Sulteng bekerjasama dengan Ta'mir Nur Gaza, Desa Wani Dua, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten , Ahad (30/7/2023) malam, bertepatan dengan 12 Muharram 1445 H melaksanakan peringatan tahun baru Islam di Masjid Nur Gaza, Desa Wani Dua.

Ketua PW. PERGUNU Sulteng, Nasaruddin Abd. Kadir, S.Ag., M.Si mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah mengambil hikmah dan pelajaran dari peristiwa hijrah yang dilakukan Rasulullah SAW bersama para sahabatnya dari kota Makkah ke Madinah.

Serta bagaimana Rasulullah mempersatukan dan merajut persaudaraan antara kaum muhajirin dan Anshar kala itu di Kota Madinah. “Hijrah dalam konteks kekinian, harus dimaknai sebagai momentum untuk melakukan evaluasi (Muhasabah) terhadap apa dan bagaimana kita satu tahun sebelumnya, untuk kemudian mempersiapkan diri menyongsong dan menjalani satu tahun kedepannya untuk menjadi peribadi yang lebih baik,”sebut Nasaruddin.

Sementara itu, Ketua Panitia Moh. Bagit Pagessa mengatakan, bahwa kegiatan perayaan hari-hari besar keagamaan seperti ini adalah agenda rutin di Masjid Nur Gaza, Desa Wani Dua, termasuk perayaan tahun baru Islam 1445 H Tahun ini.

“Peringatan hari-hari besar Islam, telah menjadi agenda rutin di Masjid ini, termasuk perayaan tahun baru Islam,”sebutnya.

Turut hadir dalam peringatan tahun baru Islam tersebut, selain Ketua PW. Pergunu Sulteng dan jajaran, juga dihadiri Organisasi Badan Otonom di lingkungan PWNU Sulteng,  Kepala Desa Wani Dua, Ketua BPD Desa Wani Dua dan jajaran, Imam dan Ta'mir Masjid, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta jamaah masjid dan masyarakat sekitar. ENG