RAYA- Universitas  Muhammadiyah  ()   kembali membuka jalinan kerjasama dengan lembaga pendidikan luar negeri sebagai wujud pengembangan Sumber Daya Manusia di perguruan tinggi itu.

Kali ini dengan Kyungdong University (KDU) , Korea Selatan dituangkan dalam bentuk penandatanganan antara kedua pimpinan perguruan tinggi pada hari Kamis tanggal 8 Juni 2023 bertempat di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Upaya kerja sama tersebut dimaksudkan untuk mempererat hubungan antara Pimpinan Pusat Muhammadiyah, serta Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) dengan KDU Global untuk pengembangan pendidikan di lingkungan Muhammadiyah.

Selain Unismuh Palu, MoU juga dilakukan dengan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, lembaga riset dan 24 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) yang dikemas dalam acara kolaboratif PTMA.

Penandatanganan MoU antara Prof. Dr. (Rektor Unismuh Palu) dengan Prof. Dr. John K. Lee (Presiden Universitas KDU Global) menjadi langkah penting dalam memperkuat kolaborasi antara institusi dalam hal pengembangan akademik dan pertukaran pengetahuan.

KDU Global berkomitmen untuk memberikan kesempatan pendidikan yang lebih luas kepada dan dosen Muhammadiyah dengan menyediakan program pertukaran pelajar, beasiswa dan bagi dosen Muhammadiyah di Korea Selatan.

Prof Rajindra berharap melalui kerjasama itu, dapat segera dilaksanakan pertukaran mahasiswa dan dosen untuk kolaborasi dalam bidang ilmu pengetahuan.

Sebab katanya, kegiatan kerjasama internasional sudah menjadi aspek yang sangat penting dalam akreditasi institusi. “Saya sangat berharap dapat dilaksanakan pertukaran mahasiswa dan dosen dengan KDU Global untuk kolaborasi dalam bidang ilmu pengetahuan,”ujar Prof Rajindra.

Selanjutnya Prof Rajindra juga mendorong agar semua kerja sama dapat diimplementasikan dengan program nyata.

Sehubungan dengan itu, Wakil Rektor I Unismuh Palu Sudirman memastikan semua MoU yang sudah ditandatangani oleh Unismuh Palu dengan beberapa lembaga lain akan segera di realisasikan. “Kami akan berupaya agar implementasi MoU Unismuh Palu dengan berbagai mitra kampus yang sebelumnya terkendala pandemi -19  dapat kembali  berjalan  maksimal  dan  memberikan manfaat bagi peningkatan kapasitas SDM dan pengembangan institusi,”sebutnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Unismuh Palu Dr. Sri Jumiyati  menambahkan, bentuk nyata dari kerja sama ini dapat terlihat dengan adanya pertukaran mahasiswa dan dosen, joint research, dan seminar/konferensi bersama. ENG