RAYA-Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama melaksanakan Seminar Internasional secara hybrid ini, mengambil tema Justice and Equality in Islamic Family Law (Keadilan dan Kesetaraan Dalam Hukum Keluarga Islam).

Seminar internasional ini menghadirkan sejumlah pembicara, antara lain Prof. Dr. H. Kasjim Salenda, SH., M.Th.I (Guru Besar Fakultas Syariah UIN Alauddin), Amiruddin Amrullah, MProfPrac., Ph.D. (Otago Polytechnic New Zealand), Dr. H. Saifuddin Amin, Lc., M.A. (Dekan Islamic College Singapore), serta Intan Sa'adah, SH (Aktivis Brunei Darussalam, Alumni Syariah UIN Datokarama Palu)
Dekan Fakultas Syariah UIN Datokarama Palu, Dr. Ubay Harun, S.Ag, M.Si, dalam sambutannya berharap dalam seminar itu dapat menjadi media pertukaran pengetahuan, sekaligus memotemtum mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi dari masalah tersebut, khususnya yang berkaitan dengan keadilan dan kesetaraan dalam presepktif hukum keluarga Islam.

Katanya, dengan kehadiran empat orang pakar hukum dari empat negara ini diharapkan dapat menemukan perbandingan bagaimana penerapan keadilan dan kesetaraan di empat negara itu.
“Kita akan mendapatkan gambaran mengenai bagaimana keadilan dan kesetaraan dalam kacamata hukum keluarga Islam di empat negara, yakni Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam, dan New Zealand. Hal ini bisa jadi bahan komparasi untuk kita,” ujarnya, Kamis (8/6/2023).

Rektor UIN Datokarama Palu diwakili Wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. H. Abidin Djafar, S.Ag, M.Ag, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengapresiasi pelaksanaan seminar internasional ini dan berharap,seminar ini dapat melahirkan pemikiran-pemikiran dan pandangan-pandangan baru konsep keadilan dan kesetaraan dalam keluarga Islam.

Seminar internasional ini akan dilaksanakan selama dua hari, yakni 8-9 Juni 2023. Pada hari kedua, akan dilakukan presentasi paper yang lolos dalam prosiding. ENG