RAYA- Rektor Universitas Tadulako, Prof. Dr. Ir. Amar, ST., MT mengatakan, Pancasila hingga saat ini, tetap relevan di tengah dinamika. Prinsip-prinsip Pancasila perlu jaga dalam seluruh aktivitas negara.

Hal tersebut disampaikan saat membacakan sambutan tertulis Mendikbudristekdikti Nadiem Anwar Makarim, pada peringatan Hari Pancasila di Universitas Tadulako yang diikuti oleh segenap sivitas akademika ini, dilaksanakan di Lapangan Upacara Untad, Kamis (1/6/2023)

Katanya, Pancasila mengandung 5 (lima) universal dasar yakni  Ketuhanan, Kemanusiaan, Kebhinekaan, Demokrasi dan Keadilan .

Kini katanya Kemendikbudristek juga menyusun “Profil Pelajar Pancasila” yang  menjadi  perwujudan pelajar Indonesia  sebagai  pembelajar sepanjang  hayat.  Profil Pelajar Pancasila tersebut mengandung ciri utama, yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, , bernalar kritis, dan kreatif.

Lebih lanjut, Kemendikbudristek telah melahirkan 24 Episode Merdeka Belajar dan transformasi lainnya. Seluruh upaya tersebut selaras dengan Visi Indonesia Maju dan amanat Presiden Republik Indonesia yang mendapatkan mandat dari rakyat melalui proses demokrasi.

“Banyak terobosan dan capaian yang telah kita raih, namun kita menyadari bahwa perjalanan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa masih panjang. Masih banyak ruang-ruang perbaikan yang dibutuhkan untuk memberikan layanan pendidikan dan kebudayaan dengan sebaik-baiknya. Anak-anak membutuhkan upaya kita semua agar mampu menyongsong masa depan yang mungkin tidak akan pernah kita lihat,”kata Rektor yang membacakan sambutan tertulis Mendikbudristek.

Untuk itu katanya, harus dapat memahami  filosofi nilai-nilai dasar Pancasila yang  menjadi  nyawa  negara Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. ENG