RAYA-Universitas Muhammadiyah () , kini resmi membuka kampus dua di Kabupaten , tepatnya di Jalan Pelabuhan No 58, Kelurahan Boya, Kabupaten Donggala.

Dalam peresmian itu, selain dihadiri langsung oleh Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. , SE., MM bersama jajarannya juga dihadiri langsung oleh Bupati Donggala Dr. Kasman Lassa, S.H., M.H.

Prof Rajindra mengatakan, pembukaan kampus dua tersebut sudah lama diimpikan, hanya saja terkendala dengan aturan yang ada, bahwa sebagai Perguruan Tinggis Swasta tidak bisa membuka kampus dua jika masih mengantongi akreditasi C.

Namun saat ini, Kampus Biru Unismuh Palu telah mengantongi akreditasi Baik Sekali, sehingga sudah memungkinkan untuk membuka kampus dua tersebut. “Alhamdulillah Unismuh Palu sekarang mendapat predikat akreditas Baik Sekali, dan kami telah berkordiansi Ketua LLDIKTI XVI Gorontalo dan memberikan izin untuk membuka,”sebutnya. Senin (1/5/2023).

Bahkan kata Prof Rajindra, dalam waktu dekat Ketua LLDIKTI XVI Gorontalo akan berkunjung ke kampus dua Unismuh Palu di Donggala.

Prof Rajindra menambahkan, berdasarkan aturan yang ada, saat ini antara kampus negeri dan kampus swasta yang membedakan hanya akreditasi. Sehingga secara kualitas antara kampus negeri dan swasta dapat dikatakan sama. “Saat ini masyarakat tidak perlu ragu masuk (kuliah) di kampus swasta, karena yang membedakan itu hanyalah akreditasinya,”sebut Prof Rajindra.

Prof Rajindra juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Donggala yang telah memberikan respon dan support yang sangat baik dan juga kepada seluruh jajaran Pemkab Donggala dan DRPD Kabupaten Donggala.

Karena tanpa respon dan dukungan tersebut kata Prof Rajindra, sangat sulit untuk mewujudkan pembukaan kampus dua di kabupaten itu.

Di kesempatan yang sama, Bupati Donggala Dr. Kasman Lassa, S.H., M.H. menyatakan menyambut baik kehadiran kampus dua tersebut, bahkan meminta kepada pihak Unismuh Palu agar mensegerakan membuka penerimaan baru di kampus itu.

Karena tidak mungkin katanya kampus tersebut jalan (beroperasi) tanpa kehadiran mahasiswa. “Pemerintah Kabupaten Donggala sangat medukung dan mengapresiasi Kampus dua Unismuh Palu di Donggala. Kampus ini tidak bisa berjalan tanpa ada mahasiswanya, jadi harus dipercepat pendaftarannya,”sebut Bupati.

Bupati juga meminta agar seluruh jajaran ASN di Kecamatan, Lurah, Kepala Desa beserta perangkatnya agar semua berpedidikan S1 guna meningkatkan kualitas SDM.

“Saya berharap mulai hari Selasa (Kemarin, 2 Mei) kampus ini segera beroperasi dan memberikan pelayanan seperti operator dan petugas administrasi. Nanti kita akan tinjau juga lokasi perkuliahan di Lapaloang. Saya kira semua kita setuju dengan pembangunan Kabupaten Donggala,”ujar Bupati. ENG