RAYA – Partai Nasdem Sulawesi Tengah (Sulteng) menegaskan siap berpartisipasi menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang. Hal itu diungkapkan Sekretaris Dewan Pakar DPW Partai Nasdem Sulteng, Dr. H. Moh. Agus Rahmat Lamakarate, SP, MES, Rabu (26/4/2023).

Moh. Agus Lamakarate mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten untuk mendukung suksesnya pelaksanaan dengan cara menolak berita ,  isu yang mengatasnamakan Suku, Agama, Ras dan Antar golongan (SARA) serta ujaran kebencian.

Agus juga berharap  seluruh stakeholder, baik aparat keamanan dan pemerintah mulai dari tingkat provinsi sampai desa harus mampu berkolaborasi dan selalu bersinergi untuk mensukseskan Pemilu 2024.

“Partai Nasdem siap berpartisipasi menjaga Kamtibmas pada Pemilu 2024. Kami juga  menolak berita Hoax, isu SARA dan ujaran kebencian,” tegas Agus Lamakarate.

Hal senada diungkapkan kader Partai Nasdem , Fitrah yang menegaskan bahwa  pelaksanaan pesta demokrasi memang memiliki potensi untuk konflik, olehnya harus dapat diantisipasi sejak dini.

“Apabila konflik sampai terjadi, tentu akan sangat sulit ditangani, dan akan dapat berpengaruh langsung terhadap kondisi Kamtibmas dan keberhasilan penyelenggaraan Pemilu 2024,”katanya.

Menurut Fitrah, tantangan yang muncul dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada selalu tidak dapat terlepas dari arus polarisasi di dalam masyarakat, yang dibentuk melalui -informasi di media . Peluang kesalahan informasi masih cenderung sering terjadi.

Tantangan lainnya, penggunaan politik identitas, isu tapal batas yang terus bergulir di Kabupaten Sigi yang berpotensi digunakan untuk  kepentingan pemenangan kandidat-kandidat tertentu, dan dalam banyak momentum masih terlihat ada kelompok masyarakat yang menyudutkan figur seseorang dalam sebuah pemilihan.

“DPD Partai Nasdem Kabupaten Sigi  sebagai wadah penyampaian aspirasi bersama memiliki peran penting untuk mencegah dan mengantisipasi hal-hal negatif tersebut,”jelasnya.

Fitrah juga mengatakan, DPD Partai Nasdem Sigi berkomitmen dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada, termasuk masalah keamanan dan ketertiban masyarakat.

“DPD Partai Nasdem Kabupaten Sigi selalu mendukung dalam menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat. Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Sigi untuk bersama-sama menjaga kondusivitas Kamtibmas, sehingga aktivitas masyarakat, roda perekonomian dan program-program pemerintah dapat berjalan dengan baik,”jelasnya. *WAN