RAYA- Universitas Muhammadiyah () akan melaksanakan Salat Id (Hari Raya Idul Fitri) 1444 H di dalam kampus, Jalan Rusdi Toana No.1, Talise, Mantikulore, tepatnya hari Jumat (21/4/2023).

Penetapan tanggal pelaksanaan salat Id itu setelah sebelumnya Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan penetapan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Jumat 21 April 2023. “Insyah Allah kita akan melaksanakan salat idul fitri di dalam kampus, hari Jumat, tanggal 21 April 2023,”sebut Ketua Panitia, Kumaini Timumun, Ahad (17/4/2023).

Terkait khatib, panitia telah meminta kesediaan salah satu Tokoh Muhammadiyah Sulawesi Tengah  Dr. H. Hamdi Rudji, M.Si sekaligus Wadir II Pascasarjana Unismuh  Palu, kemudian Imam Muh. Syaltut, S. Sy.,S.H. Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Tengah.

Di tempat terpisah, Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H,. , SE., MM mengatakan, kampus Unismuh Palu memang selalu melaksanakan salat Id secara berjamaah di dalam kampus, baik itu Hari Raya Idul Fitri maupun pelaksanaan Hari Raya Idul Adha. Setiap pelaksanaan salat Id selalu dipadati jamaah, baik itu , dosen, pegawai Unismuh Palu maupun masyarakat sekitar Kelurahan Talise, serta warga perserikatan Muhammadiyah.

Biasanya, momentum salat Id berjamaah seperti itu juga kerap kali dimanfaatkan oleh pihak kampus sebagai ajang silaturrahmi antara pihak kampus dan masyarakat secara luas. “Dengan salat Id seperti itu, masyarakat bisa datang langsung melihat kondisi kampus, sekaligus ini adalah ajang promosi kampus dan sekaligus silaturrahmi antara kampus dan masyarakat luas,”ujar rektor.

Kata rektor, masyarakat akademisi (kampus) yang kerap kali dinilai oleh masyarakat awam sebagai warga intelektual kelas atas, penilaian seperti itu perlu dihilangkan, agar jarak masyarakat dengan warga akademis tidak terlalu timpang, salah satunya dengan cara mendatangkan secara tidak langsung  ke dalam kampus.

“Dengan sering salat berjamaah seperti itu, maka -nilai persaudaraan antara sesama warga, sesama anak bangsa akan semakin kuat, dan salah satu harapan kita memang seperti itu, menumbuhkan nilai-nilai persaudaraan,”ujar Prof Rajindra. ENG