RAYA –  Untuk menyatukan persepsi demi mewujudkan program Sulteng Emas menuju PON Aceh- Sumut 2024,  Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura menggagas pertemuan dengan  pihak , Satgas PON Aceh-Sumut serta Dinas Pemuda Olahraga ( Dispora) Sulteng, Jumat (21/6/2024) di Jakarta.

Pertemuan tersebut dihadiri, Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI  Dody Triwinarto yang juga Ketua Satgas, Kadispora Sulteng Irvan Aryanto, MSI, Ketum Sulteng M , SSos. AIFO,  Asisten II Sekdaprov Sulteng Rudy Dewanto, Staf Ahli Gubernur Rohani Mastura dan Direktur Eksekutif KONI Sulteng Muhamad Warsita, SPd. MM.

Menurut Gubernur, pertemuan ini sangat perlu dilakukan, agar antara Dispora yang mewakili pemerintah, kemudian Satgas serta KONI  sebagai wadah berhimpun cabang olahraga ( Cabor) memiliki pandangan  serta pemahaman yang sama terkait dengan tata kelolah keuangan dan pengelolaan dana Hibah yang akan diperuntukan baik itu untuk kegiatan Pusat Daerah (Puslatda) yang kini telah berlangsung di Yonif 711 Raksatama maupun pelaksanaan PON Aceh-Sumut. Sehingga antara Satgas yang dibentuk oleh Gubernur  dengan KONI sebagai leading sektor dari pelaksanaan kegiatan ini, kemudian Pemerintah Daerah melalui Dispora membuat kesepakatan yang tentunya bermuara pada  sukses dan terwujudnya Sulteng Emas 2024.

“Alhamdulillah pertemuan tersebut berjalan lancar, KONI sebagai leading sektor pengelolaan dana Hibah akan berkordinasi dengan Satgas yang telah melaksanakan kegiatan Puslatda dengan baik,” kata Direktur Eksekutif KONI Sulteng, Muhamad Warsita, SPd. MM, Sabtu (22/6/2024).

Menurut Warsita, dari hasil pertemuan tersebut, seluruh proses terkait kebutuhan  atlet yang saat ini tengah mengikuti Puslatda, termasuk peralatan bagi 31 Cabor  yang lolos PON XXI 2024 akan segera ditunaikan, termasuk didalamnya  hak atlet dan pelatih, dengan tetap mengacu pada standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

“Intinya, kesimpangsiuran yang selama ini berhembus semuanya telah diselesaikan oleh bapak Gubernur. Semua ini tidak lain demi mewujudkan program Sulteng Emas 2024,”pungkas Warsita.

Sementara Ketum KONI Sulteng, M. Nizar Rahmatu menegaskan pada prinsipnya KONI Sulteng tetap komitmen dan konsisten sebagai wadah berhimpunnya seluruh cabang olahraga .

“Mewujudkan program Sulteng Emas dan cita-cita mulia Bapak Tadulako Sulteng  yang juga Gubernur H Rusdy Mastura  adalah harapan dan mimpi besar seluruh rakyat Sulteng,”jelasnya.

Menurut Nizar Rahmatu, harus dipahami bahwa mengurus olahraga, bukan semata mengejar prestasi, namun ada pertaruhan harga diri, harkat, martabat dan kebanggaan daerah. Sehingga, semua pihak dan stakeholder harus terus bersinergi dengan tetap mengacu pada aturan serta perundang-undangan yang berlaku. *WAN