RAYA –  Komisi (KI) Sulawesi Tengah yang digawangi oleh,  H. Abbas H.A Rahim,  Jefit Sumampouw, Ridwan Laki dan Sustrisno Yusuf berkesempatan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-15 di Kota Banjarmasin, Kalimantan  Selatan.

Hajatan nasional itu berlangsung di hotel Galaxy, Kota Banjarmaain dari tanggal 10-13 Juni 2024.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfo Santik), Sudaryano Lamangkona  turut memberikan apresiasi pada kegiatan ini dengan  memberikan  ucapan selamat atas nama pemerintah provinsi Sulawsi Tengah melalui  rekaman video berdurasi satu menit yang ditayangkan di arena Rakornas. Kegiatan Rakornas dihadiri oleh seluruh komisioner KI se-Indonesia dan Komisi Informasi Pusat.

Ketua KI Sulteng, Abbas Rahim mengatakan, kehadiran KI Sulteng di Kalsel sebagai komitmen dalam mensukseskan agenda tahunan  Komisi Informasi Pusat guna merumuskan program-program dalam menjawab tantangan zaman, termasuk sejumlah persoalan yang tengah dihadapi oleh KI Provinsi yang nantinya akan dibawa ke Rapat Kerja Teknis (Rakernis) bulan depan.

“Keterbukaan informasi merupakan salah satu pilar utama dalam membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah  dengan memberikan akses informasi yang luas dan mudah kepada masyarakat, melalui pemeritahan yang transparan dan akuntabel,  alhamdulillah, pemerintah provinsi Sulawesi Tengah sangat mendukung keberadaan KI Sulteng,” kata Abbas.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Pusat, Dony Yoesgiantoro menambahkan, salah satu elemen penting dalam mewujudkan RPJPN Indonesia Emas 2045 adalah dengan penyelenggaraan pemerintah yang terbuka.

“Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang, bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya. Namun, yang terpenting dari semua itu adalah ketahanan nasional,”tuturnya. *WAN