RAYA – Touring jadi bagian utama dari kegemaran bikers. Menjelajahi wilayah-wilayah dengan beragam karakter rute merupakan hobi utama yang wajib dituntaskan.
Keinginan untuk mendapatkan pengalaman maupun menjawab tantangan dalam petualangan berkendara jarak jauh, dapat terwujud dengan touring menggunakan motor.
Hal ini pula yang menginspirasi Alva Prita Damayanti, lady biker XSR 155 yang pada akhir Mei 2024 lalu, ambil bagian dalam touring istimewa bersama komunitas XSR Brotherhood Indonesia (XBI). Agenda tahunan touring sekaligus berwisata itu di 2024 ini dilaksanakan di Sulawesi Selatan mengambil rute dari Makassar ke Toraja.
Diikuti 50 peserta dari 8 chapter, touring istimewa ini memberikan pengalaman baru bagi Alva Prita Damayanti. Untuk pertama kalinya, pengguna XSR 155 berusia 51 tahun itu melakukan touring di luar Jawa dan Bali.
Karena tinggal di Bali, dia mengawali adventure dari Denpasar ke Gilimanuk, lalu naik kapal ke Ketapang. Dari Ketapang riding ke Surabaya, setelah itu menggunakan kapal dari Surabaya ke Makassar.
Wanita yang akrab disapa Prita itu melakukan perjalanan bersama Djoe Avarell, Ketua Umum XBI yang juga tinggal di Bali. Dalam touring istimewa itu, keduanya lantas bergabung dengan member XBI lainnya di Makassar untuk bergerak ke Toraja.
Rute yang dilewati mulai dari Makassar – Kabupaten Maros – Kabupaten Pangkep – Kabupaten Pare Pare – Pinrang – Kabupaten Enrekang – Tanah Toraja. Puluhan peserta melewati sejumlah kota, jalur pegunungan, lembah, termasuk beberapa titik jalanan yang terkena longsor akibat banjir bandang di Kabupaten Enrekang.
Dalam aktivitas ini juga, XBI bersama Main Dealer Suraco Jaya Abadi Motor (SJAM) Makassar melakukan bakti sebagai bentuk kepedulian kepada mereka yang terkena musibah banjir bandang.
“Saya ingin mendapatkan pengalaman touring jarak jauh pakai XSR 155, sebelumnya hanya di Jawa dan Bali saja. Touring wisata di Sulsel menantang sekali, apalagi harus melewati jalanan yang terkena longsor. Itu bisa dilalui dengan XSR 155, rasanya tetap nyaman dan tidak ada kesulitan. Motor Yamaha ini memang pilihan saya karena suka dengan modelnya yang elegan dan mesinnya optimal. Naik motor XSR 155 di jalanan maupun naik turun di area dekat pegunungan rasanya enak. Perawatan XSR 155 juga mudah. Motor ini juga saya pakai harian,” ungkap Alva Prita Damayanti.
Berkendara menggunakan XSR 155 selalu memberikannya pengalaman menyenangkan. Terbaru, adalah touring wisata Makassar – Toraja bersama XBI Mei 2024 lalu. Prita bahkan berencana membeli satu unit XSR 155 lagi yang rencananya akan dipakai buat touring ke Kalimantan.
Motor XSR 155 yang dipakainya sekarang bakal diberikannya kepada putrinya yang juga punya hobi motoran. Prita memang pecinta motor Yamaha, sebelumnya dia pernah memiliki Nmax dan Xmax.

Yamaha XSR 155

XSR 155 menyuguhkan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan melalui tampilan desain motor berkonsep sport heritage, fitur berkendara moderen, serta performa mesin yang andal dan bertenaga.
Tampilan klasik moderen pada XSR 155, diwujudkan melalui beberapa sentuhan di berbagai sektor. Mulai dari model tangki Drip-Shaped yang mampu mendukung kenyamanan saat berkendara, penggunaan jok single seat dengan desain klasik yang stylish, lalu desain lampu depan dan belakang yang berbentuk bulat dengan teknologi LED modern, hingga keberadaan Full LCD Speedometer bergaya retro yang telah dilengkapi dengan Multi Information Display (MID).
Sementara pada bagian kaki-kaki, XSR 155 sudah mengadopsi suspensi Up Side Down (USD) yang tidak hanya memberikan kesan gagah pada motor namun turut meningkatkan handling saat berkendara.
Sementara terkait ban, model ini menggunakan ban berjenis dual purpose yang dirancang untuk mobilisasi di berbagai kondisi jalan dengan ukuran 110/70 di bagian depan dan 140/70 di bagian belakang.
Di sektor jantung pacu, XSR 155 hadir dengan mesin fuel injection berkapasitas 155cc, SOHC, empat langkah berpendingin cairan yang telah dilengkapi dengan teknologi VVA sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 14,2 kw/10.000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm/8.500 rpm.
Selain itu, motor ini juga telah memiliki fitur Assist & Slipper Clutch yang membuat kopling menjadi lebih ringan dan perpindahan gigi lebih halus. */HJ