RAYA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Sulawesi Tengah (Kanwil Sulteng) mencatat telah menerbitkan 1.403 paspor sepanjang bulan Mei 2024. Jumlah ini menunjukkan peningkatan dibandingkan periode bulan sebelumnya.

Kepala Kanwil , Hermansyah Siregar menyebutkan, tingginya permintaan paspor ini didorong oleh beberapa faktor, diantaranya meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata dan pendidikan ke luar negeri, kemudahan proses pengurusan paspor yang semakin transparan dan akuntabel, hingga karena faktor pelaksanaan ibadah tahun 2024.

“Kemarin yang banyak itu Paspor bagi jemaah haji, dan tentunya karena faktor kebijakan pengurusan paspornya yang kian memudahkan masyarakat, ada program Eazy Passport yang jangkauannya bisa ke pelosok wilayah juga, disamping layanan pembuatan paspor melalui online lewat aplikasi M-Paspor,” terang Hermansyah Siregar.

Bersama Kepala Divisi Keimigrasian, Arief Hazairin Satoto, Hermansyah Siregar juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Kantor Kelas I TPI dan Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai yang telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Komitmen kita bagaimana layanannya bisa cepat dan berakuntabel, tentunya ini juga tidak terlepas dari integritas yang dimiliki jajaran imigrasi, sehingga layanan paspor kian meningkat dan menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Adapun rincian penerbitan paspor di Kanwil Kemenkumham Sulteng selama bulan Mei 2024 diantaranya, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu pembuatan paspor baru sebanyak 670 dan penggantian paspor sebanyak 387. Sedangkan, Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai pembuatan paspor baru sebanyak 236 dan penggantian paspor sebanyak 110.

“Kalau ditotal sebanyak 906 Paspor Baru, dan 497 Penggantian Paspor. Jadi, keseluruhan 1.403 ya,” sebut Hermansyah, Kamis (6/6/2024).

Meski begitu, Hermansyah Siregar pun juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus mendukung suksesnya pelayanan keimigrasian di Sulteng, katanya, masyarakat dapat terbuka memberikan saran dan masukan kepada pihaknya.

“Kita terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam pengurusan paspor. Tentunya, saran dan masukan masyarakat kita perlukan sehingga tujuan kami menghadirkan dan meningkatkan kualitas layanan dapat terealisasi dengan baik,” harap Hermansyah Siregar.*/YAT