RAYA – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banggai Laut (), Doni Hendra Siwi mengatakan, Bandara Udara Mandapar yang berada di Desa Kendek, Kecamatan Banggai Utara, akan segera beroperasi penerbangannya pada awal tahun depan 2025.

“Berdasarkan hasil evaluasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balut bersama Dirjen Perhubungan Udara di kantor Kementerian RI Jakarta baru-baru ini, pihak Dirjen telah menyetujui surat usulan Bupati Balut Sopyan Kaepa, tentang permintaan pelayanan sarana angkutan udara Pesawat tipe Susi Air line untuk beroperasi di Bandara Udara Mandapar,” kata Doni di kediamannya, Ahad (2/6/2024).

Kapasitas pelayanan penerbangan tersebut kata Kadis, jumlah penumpangnya sebanyak 15 sampai dengan 20 orang, yang tipenya sama dengan pesawat pelayanan penerbangan pada Bandara Udara Masamba dan Gorontalo.

“Setelah menjalani proses peresmian Bandara Udara Mandapar, siap memberikan pelayanan kepada masyarakat mulai awal tahun 2025,” terang Doni.

Saat mengadakan rapat di kantor Kementerian Perhubungan RI baru-baru ini lanjut Kadis, ia bersama Bupati Balut, Sopyan Kaepa telah meminta kepada Dirjen Perhubungan udara RI untuk diberikan pelayanan pesawat penerbangan dengan rute Balut-Luwuk pada tahun 2024 ini, walaupun tidak melalui jalur penganggaran biaya subsidi dalam pemenuhan pencapaian target.

“Pastinya untuk tahun 2025, pelayanan bandara Mandapar Balut sudah beroperasi karena anggaran biaya subsidi sudah dialokasikan dari Kementerian Perhubungan RI berdasarkan keputusan Presiden RI Joko Widodo tentang progam tol udara,” terangnya.

Menurutnya, penanganan pelayanan kantor Bandara Mandapar saat ini baik dari administrasi maupun aktivitas pengawasannya masih di bawah naungan oleh kantor Bandara udara Luwuk Kabupaten Banggai.*/MAN