RAYA-Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat () Kana Mapande Kota kembali melaksanakan Uji Kesetaraan untuk Paket A dan B setingkat SD dan SMP, yang dilaksanakan di SMPN 2 Palu.

Uji kesetaraan merupakan proses asesmen yang menyetarakan hasil pendidikan non formal dengan pendidikan formal serta pengakuan hasil pendidikan informal sama dengan  pendidikan  formal dan non formal untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah, yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan penyelenggara pendidikan kesetaraan.

“Uji kesetaraan ini sangat penting, karena seluruh peserta kesetaraan harus bisa mengikuti uji yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah pusat secara dalam jaringan (daring). Dengan pelaksanaan ujian tersebut, maka mereka bisa melihat kemampuan para peserta dalam membaca dan menghitung, sehingga dari hasil uji tersebut maka mereka bisa dinyatakan lulus atau tidak,” kata Ketua PKBM Kana Mapande , Ruli Firmansyah, Sabtu (25/5/2024).

Pihaknya menjelaskan, Uji Kesetaraan (UK) memiliki fungsi untuk memastikan, semua peserta didik termasuk yang berada di jalur non-formal maupun informal, memiliki kesempatan untuk menyelesaikan pendidikan mereka sampai ke jenjang yang paling tinggi.

“UK berbasis komputer dan untuk soal berbasis literasi dan numerasi, karena UK merupakan program Kemdikbud, yang dikhususkan untuk peserta didik kesetaraan. Jadi nantinya peserta didik tidak hanya memperoleh ijazah saja tetapi memperolah Sertifikat Hasil Uji Kesetaraan (SHUK),” terangnya. Pada ujian tersebut, mereka hanya menguji literasi dan numerasi. Untuk literasi, para peserta didik dilihat kemampuan dalam membaca, sementara untuk numerasi, para peserta didik dilihat kemampuan berhitungnya. MS