RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar rapat koordinasi peringatan Hari Jadi ke 74 di ruang rapat Aberani Sulaiman, Banjarbaru, Selasa (21/5/2024).

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 dalam menyambut Hari Jadi Provinsi Kalsel yang jatuh pada 14 Agustus. Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV menjadi salah satu agenda resmi rangkaian hari jadi provinsi.

Pada rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, itu secara khusus membahas kesiapan pelaksanana Porwanas XIV.

“Pada bulan Agustus banyak kegiatan yang dilaksanakan, salah satunya Porwanas. Khusus Porwanas harus dikoordinasikan dengan semua pihak, seperti kepolisian, angkasa pura, dan lain-lain,” kata Roy Rizali Anwar.

Roy menyebut rapat rangkaian hari jadi tidak hanya cukup sekali, namun perlu berkelanjutan agar diketahui perkembangan terbaru.

“Setelah ini kita laksanakan rapat lebih teknis lagi,” ujarnya.                                            

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel, Zainal Helmie yang diwakili Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO), Irwansyah, menyampaikan berbagai persiapan.

“Persiapan Porwanas saat ini dalam proses pendaftaran nomor atau Entry by Number yang akan berakhir pada tanggal 8 Juni nanti. Cabang olahraga yang ditandingkan 11 cabang plus 1 cabang lomba karya jurnalistik,” ujar Irwansyah memaparkan di depan peserta rapat koordinasi yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kalsel dan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Tenaga Ahli Gubernur, serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kalsel.

Lebih lanjut, Irwansyah menyampaikan, cabang Jurnalistik nantinya akan dilaksanakan di salah satu situs Geopark Meratus yakni di bukit Kahung, Kabupaten Banjar. Peserta pada cabang ini diharakan membuat karya jurnalistik dan menayangkan atau mempublikasikan di media masing-masing.

“Rangkaian inti akan dimulai tanggal 19 Agustus, tanggal 20 pembukaan di GOR Pemprov Kalsel pukul 14.00 Wita dan gala dinner di Mahligai Pancasila sekitar pukul 20.00 Wita,” ujarnya. *WAN