RAYA- Jemaah Indonesia asal Sulawesi Tengah akan mulai diberangkatkan ke Arab Saudi pada Jumat (24/5/2024) Pukul 04:00 Wita dari Bandara Mutiara Sis Aljufri menuju Embarkasi Balikpapan, lalu meneruskan perjalanan ke King Abdul Azis International Airport (KAAIA) di Jeddah.

Jemaah haji asal Sulteng termasuk pemberangkatan gelombang kedua, sehingga jemaah haji akan turun di Jeddah dan langsung menuju Makkah. Jemaah beristrahat sejenak di hotel yang telah ditentukan sambil menunggu waktu untuk diantar ke Masjidil Haram melaksanakan umrah.

Jamaah Haji asal Sulteng terdiri dari enam kloter plus satu kloter gabungan dengan Kalimantan Timur, jumlah total Jamaah Haji 2.061 orang dan petugas Haji sebanyak 30 orang.

Jamaah Haji sebanyak 2.061 orang ini sudah termasuk tambahan kouta yang diberikan oleh Pusat kurang lebih 80 Jamaah haji. “Kita juga memiliki kouta jamaah lansia 100 orang, dan akan berangkat Insyah Allah  tanggal 24 Mei 2024 ini,”jelas Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah, Ulyas Taha, Senin (20/5/2024).

Untuk itu, Ulyas Taha berharap pada Jamaah Haji yang akan berangkat tetap menjaga kesehatan, terutama kesehatan fisik, sebab perjalanan haji ini membutuhkan ketahanan fisik yang prima. “Maka diimbau Jamaah Haji agar tidak melakukan kegiatan yang terlalu berlebihan menguras tenaga,”sebutnya.

Selain itu, juga diharapkan tetap memperdalam manasik, membaca buku-buka manasik yang sudah diberikan oleh Kementerian Agama, disamping bagi mereka yang sudah mendapatkan bimbingan baik dari kelompok-kelompok tertentu atau secara pribadi ustadz atau Imam, diharapkan manasik itu tetap diperdalam.

Namun, tidak boleh mempedomani manasik haji selain dari isi buku manasik haji yang telah diberikan oleh Kemenag, sebab manasik haji ada beberapa berpedaan pemahaman dari negara lain.

“Tujuannya jika manasih haji kita lengkap, kita memahami manasik, haji kita akan sempurna, dan kesempurnaan haji itu justru akan membawa pada Haji Mabrur yang salama ini kita idam-idamkan,”jelasnya. ENG