RAYA Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama () Sulteng Ulyas Taha, mengimbau seluruh ASN Kemenag Sulteng untuk mengasah potensi, meningkatkan profesionalitas, dan kualitas yang dimiliki.

Hal ini ditekankan dalam upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024 di halaman Kanwil Kemenag Sulteng, Senin (20/5/2024).

Sejalan dengan perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim), Kakanwil menyatakan Sulteng berpotensi menjadi salah satu daerah penyangga utama SDM di sana.

“Melihat kondisi geografis yang strategis, kesiapan kita di Sulteng menjadi penyangga utama SDM Kemenag di IKN mendatang sangatlah penting,” kata Kakanwil.

“Pertanyaannya siapkah kita menjadi penyangga utama SDM Kemenag di IKN kelak? Ayo asah potensi, tingkatkan profesionalitas dan kualitas yang dimiliki. SDM masa depan harus dipersiapkan dari sekarang,” ajaknya.

Kakanwil mengingatkan bahwa Harkitnas adalah refleksi untuk membangkitkan semangat, terinspirasi dari kebangkitan pemuda-pemudi yang tergabung dalam organisasi Boedi Oetomo.

“Harkitnas mengingatkan kita pada kebangkitan para pemuda yang tergabung dalam Boedi Oetomo, yang turut berjuang untuk kemerdekaan Indonesia secara bersatu, bukanlah kelompok-kelompok terpisah,” ujar Kakanwil.

Kakanwil juga menekankan pentingnya kesiapan menghadapi disrupsi teknologi yang sangat cepat. Dalam menghadapi perubahan ini, kesiapan menjadi kunci utama yang harus diteladani dari semangat para pejuang dulu.

“Penting di era sekarang, saat kita berhadapan dengan disrupsi teknologi yang cepat, kita harus siap menghadapi perubahan ini. Semangat pejuang dulu yang tetap berjuang meski penuh keterbatasan harus kita teladani,” tambahnya.

Kondisi saat ini yang lebih maju, menurut Kakanwil, memudahkan segala sesuatunya dilakukan dari mana saja, tanpa dihalangi ruang dan waktu. “Melalui Harkitnas, mari jadikan Kemenag sebagai pengawal moral dan etika bangsa menuju Indonesia Emas 2045,” jelas Ulyas.

Upacara Harkitnas diikuti oleh seluruh ASN Kanwil Kemenag Sulteng, meskipun kondisi cuaca hujan namun tidak mengurangi semangat peserta.*ENG