RAYA – Kontribusi PT (Persero) dalam upaya menggerakkan perekonomian masyarakat berhasil mengantarkan PLN Group memborong 22 dalam ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards Tahun 2024 yang digelar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Jakarta pada Selasa (7/5/2024).

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin ini semakin membuktikan komitmen perseroan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat secara inklusif dan berkelanjutan.

Secara rinci, PLN Group meraih total 22 penghargaan. PLN Holding meraih 5 penghargaan yakni tiga kategori Gold dan dua Silver. Kemudian subholding PLN Indonesia Power meraih 14 penghargaan terdiri dari satu kategori Gold, delapan Gold, empat Silver, dan satu Bronze. Sedangkan PLN Nusantara Power meraih 3 penghargaan yakni satu Gold, satu Silver, dan satu Bronze.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin mengapresiasi program CSR yang dilaksanakan semua stakeholder seperti maupun perusahaan swasta sebagai dukungan kepada pemerintah dalam mencapai target pembangunan. Wapres Ma'ruf berharap program CSR yang dijalankan terus bermanfaat bagi masyarakat pedesaan serta mampu mendorong pembangunan inklusif dan ramah lingkungan.

“Saya mengapresiasi BUMN (Badan Usaha Milik Negara), perusahaan swasta, BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), dan aktor penggerak lainnya, yang terus berkomitmen dalam aktivitas CSR nya dan terus membantu pemerintah dalam mencapai target pembangunan,” ujar Ma'ruf.

Wapres Ma'ruf juga mendorong target penerima CSR diperhatikan agar tepat dan dapat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat desa, BUMDes yang kian berinovasi serta sumber daya manusia yang lebih unggul, kreatif, inovatif dan adaptif.

“Terakhir saya harap penghargaan ini dapat memacu dunia usaha untuk menjadikan CSR sebagai program prioritas, dan selamat kepada seluruh penerima penghargaan hari ini semoga semakin memotivasi seluruh pihak dan menunjukkan terbaiknya dalam mendukung pembangunan pedesaan,” kata Ma'ruf.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia, Halim Iskandar mengungkapkan, penyelenggaraan CSR dan Pembangunan Desa Berkelanjutan ini sebagai bentuk dukungan keberadaan BUMN atau BUMDes dalam terus berkontribusi untuk perekonomian masyarakat. Untuk tahun 2024 ini, ajang ini diikuti 100 kandidat perusahaan baik BUMN dan perusahaan swasta, lembaga lain hingga perorangan.

“Terdapat 55 program CSR yang meraih kategori Gold, 6 kategori Excellent untuk perorangan, 58 Silver untuk kategori program, serta empat Outstanding untuk kategori perorangan. Ada pula tiga kategori Bronze, dan tiga kategori Apresiasi untuk program CSR,” ujar Abdul Halim.

Sementara, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan kehadiran PLN di tengah masyarakat tidak hanya untuk memastikan ketersediaan infrastruktur ketenagalistrikan, PLN juga turut menggerakkan ekonomi masyarakat melalui program tanggung jawab dan lingkungan (). 

Program TJSL PLN kata Darmawan, mengedepankan prinsip Creating Shared Value (CSV) yang melingkupi berbagai sektor dengan program prioritas seperti pemanfaatan sampah menjadi energi (Co-Firing), pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA), Electrifying Agriculture dan lainnya.

“Kami berkomitmen tidak hanya fokus pada kegiatan bisnis semata, tetapi juga berdampak pada kehidupan masyarakat. Sehingga, program TJSL PLN diarahkan menyentuh langsung aspek kehidupan masyarakat. Ini merupakan upaya kami dalam mewujudkan tercapainya pertumbuhan ekonomi berkualitas melalui keberlanjutan peluang kerja dan usaha, inovasi, industri, infrastruktur memadai, dan pengembangan UMK, dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa,” kata Darmawan

Karena itu lanjut Darmawan, penghargaan yang diterima PLN hari ini menjadi pelecut semangat bagi perseroan agar lebih termotivasi dalam meningkatkan dan penyebarluasan program pembinaan ekonomi masyarakat melalui program TJSL.

”Terima kasih atas penghargaan yang diberikan, tentunya ini tak terlepas dari upaya seluruh insan PLN dalam mendarmakan baktinya dalam program TJSL. Kami terus meningkatkan kualitas program TJSL sehingga dapat memberikan manfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tutup Darmawan.*/HJ