RAYA –  Penerapan metode Ujian Nasional (UN) Akun Belajar.Id  di SMPN 3 berjalan optimal tanpa kendala di hari pertama saat ujian berlangsung, dengan total keseluruhan partisipan peserta didik kelas IX  sejumlah 375 peserta.

Atas inisiasi program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), terkait Akun Belajar.Id, SMPN 3 , sebagai tingkat sekolah yang tercakup dalam inisiasi program, turut melaksanakan UN dengan penerapan model pembelajaran menggunakan website.

Pelaksanaan UN SMPN 3 di hari pertama pada Senin, (13/05/2024), menjadi pelaksanaan yang kesekian kali setelah peluncuran program kementerian.

Pada penerapannya, peserta ujian menggunakan Smartphone pribadi untuk masuk ke website Akun Belajar.Id melalui browser, lalu  mengerjakan soal-soal ujian yang telah diatur secara sistematis melalui website tersebut.

Namun bagi peserta yang terkendala dengan kepemilikan Smartphone pribadi, bisa mengerjakan soal UN menggunakan Personal Computer (PC), yang telah disiapkan pihak sekolah di Lab Komputer, serta sudah dalam kondisi tersambung dengan Wifi sekolah.

Pada metode pembelajaran modern ini, Drs. Arief, MM, selaku Kepala SMPN 3 Palu, bersama dengan panitia ujian, tetap melakukan pemantauan terkait kendala pada proses ujian peserta didik.

“Karena ini masih hari pertama pelaksanaan UN, sejauh ini masih terasa tenang. Untuk kendalanya mungkin hanya kendala kecil, namun tidak banyak terjadi. Seperti akses logging yang terhambat, karena peserta didik yang melupakan password akunnya. Namun ini masih bisa diatasi oleh panitia sekolah yang bertugas di bidang IT”, sebutnya.

Walaupun peserta ujian menggunakan handphone, keamanan dari sistem kerja website telah diatur dengan baik, sehingga tidak bisa untuk membuka tampilan lain selain website Akun Belajar.Id. Hal ini demi mencegah kecurangan pada saat ujian berlangsung. Keamanan juga dilengkapi dengan dua orang pengawas ruangan yang bertugas di setiap kelas. MG1