RAYA – Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah,  Hidayat Lamakarate optimis bisa mendapatkan partai pengusung untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulteng tahun 2024. Hal ini disampaikan Hidayat Lamakarate saat mendaftar sebagai bakal calon Gubernur  Sulteng di Kantor DPW Partai Keadilan Sejahtera () Sulteng, Senin (6/5/2024).

Jika diusung PKS , Hidayat Lamakarate menyatakan siap mengandeng kader PKS yang juga anggota RI,  Hj. Sakinah Aljufri, S.Ag sebagai bakal Calon Wakil Gubenur Sulteng.

Menurut Hidayat, saat ini memang banyak suara-suara pesimis yang mengatakan peluang dirinya maju di Pilgub sudah tertutup. Namun ,Hidayat Lamakarate terus bergerak menjalankan niat menjadi Gubernur Sulteng. Katanya, selalu ada kemudahan-kemudahan yang ditemui saat mengikuti proses politik menuju Pilgub 2024.

“Saya tidak pernah khawatir dan ragu, karena proses belum selesai. Bagi saya proses ini baru dimulai, saya beryukur ternyata ke PKS ini masih ada ruang, untuk mendaftarkan diri. Mudah-mudahan ini bisa menjadi jalan bagi saya dalam melanjutkan proses-proses politik kedepan, karena saya lagi berusaha dan berjuang  untuk mendapatkan dukungan partai politik tertentu, guna menjadi partai politik yang akan mencukupkan syarat untuk mengusung Gubernur dan Wakil Gubernur,”jelasnya.

Hidayat menuturkan, beberapa waktu yang lalu, dirinya telah bertemu dengan Hj. Sakinah Aljufri yang telah mendapat restu dari DPP PKS  untuk kembali ke daerah mengikuti kontestasi politik.

“Saya akan cari partai yang bisa mengusung saya untuk berkoalisi dengan PKS yang  jumlah kursinya cukup untuk menjadi syarat untuk kami bisa diusung di Pilkada 2024,”jelasnya.

“Saya juga berdoa,  jika memang nanti tertulis dalam takdir saya bisa berpasangan dengan ibu  Sakinah. Saya berkeyakinan ini menjadi jalan untuk kesuksesan saya di Pilkada tahun 2024,”katanya menambahkan.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Sulteng, Muh. Wahyuddin mengatakan, saat ini PKS memiliki lima kursi di DPRD hasil Pileg 2024. Terdapat satu penambahan kursi serta penambahan suara sekira 30 ribu. Hal itu membuktikan bahwa masyarakat semakin percaya kepada PKS.

Menurut Muh. Wahyuddin, selurun nama-nama yang mendaftar di DPW PKS akan diajukan ke DPP PKS. Selebihnya DPP yang memutuskan siapa yang akan direkomendasikan untuk maju di Pilkada

“Secara normatif, kami akan usulkan semua yang mendaftar, selebihnya DPP yang memutuskan. Kami hanya mengusulkan dan memberikan pertimbangan-pertimbangan ke DPP, “jelas Muh. Wahyuddin yang turut didampingi Badan Pemenangan Pemilu dan Pikada PKS (BP3), Rustam Abidin. WAN