RAYA – Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Sulawesi Tengah bersama Menteri (Mentan) RI, Amran Sulaiman menghadiri panen padi oleh Presiden Joko Widodo, di Desa Pandere, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten , Rabu (27/3/2024).

Korwil Gempita Sulteng, Ade Surya Sahputra mengatakan, pihaknya saat ini sedang fokus melakukan pendampingan program Ketahanan Pangan Nasional. Dimana, Ketahanan Pangan Nasional merupakan salah satu program yang terus didorong oleh Mentan RI Amran Sulaiman.

“Gempita Sulteng saat ini proaktif dalam melakukan percepatan dan pendampingan program bapak Menteri Pertanian dalam rangka swasembada pangan,” kata Ade Surya Sahputra.

Ade Surya mengatakan, salah satu upaya swasembada pangan yang saat ini dilakukan adalah dengan melakukan upaya optimalisasi lahan pertanian. Termasuk optimalisasi lahan rawa dan perluasan areal tanam baru.

Kata dia, Provinsi Sulawesi Tengah merupakan salah satu daerah strategis yang memiliki areal potensial pertanian yang masih sangat luas dapat segera dimaksimalkan. Apalagi, secara geografis, Sulawesi Tengah sangat strategis karena dekat dengan IKN.

“Bapak Menteri Pertanian sudah mencanangkan Food Estate Sulawesi Tengah menjadi penopang kebutuhan pangan IKN,” katanya.

Ade Surya menambahkan, generasi muda harus ambil peran mewujudkan swasembada pangan nasional dan ketahanan pangan Indonesia.

“ Dalam waktu dekat Gempita Sulawesi Tengah akan melakukan mekanisasi pertanian terhadap para pemuda di beberapa Kabupaten untuk merangsang dan mendorong anak-anak muda untuk kembali bertani,” ungkapnya. *WAN