RAYA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan melaksanakan simulasi bencana secara besar-besaran pada April 2024 mendatang.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota , Fresly Tampubolon mengatakan rencananya kegiatan tersebut akan diikuti oleh seluruh masyarakat yang ada di 15 pantai di Kota Palu dan dipusatkan di huntap Arkom Mamboro.

Melalui simulasi tersebut, kata Fresly, masyarakat akan dilatih terkait kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana tsunami yang akan terjadi dalam waktu singkat yakni dalam kurun kurang dari lima menit.

“Memperingati hari kesiapsiagaan bencana nanti kita akan lakukan simulasi besar di mamboro di huntap arkom disitu akan kita pusatkan,” Kata Kalaksa BPBD Palu kepada Sulteng Raya, Senin (18/3/2024).

“Kita akan kumpulkan masyarakat yang ada di 15 pantai disana akan kita akan simulaikan bagaimana menghadapi tsunami dengan waktu yang cepat yakni dibawah 2-3 menit, ini yang akan kita maksimalkan agar masyarakat bisa membaca tanda tanda alam yang tidak dapat dideteksi oleh teknologi yang ada,” katanya.

Saat ini, ihwal rencana giat itu, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama dengan tim kerja yang terdiri dari berbagai instansi terkait seperti TNI, , Basrnas,PMI serta OPD terkait.l yang tergabung dalam tim kerja jaga palu.

“Kita sudah membangun komunikasi bersama tim kerja kita yakni tim kerja jaga palu untuk memaksimalkan kegiatan ini,” ucap Fresly. JAN