RAYA – Untuk memperkaya literasi Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH), Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II disambangi Perpustakaan Keliling (Perpusling) pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah (Dispusaka Sulteng), Selasa (6/2/2024) pagi.

Layanan baca buku perpustakaan keliling yang digelar Dispusaka Sulteng itu, tidak hanya menyasar pelajar di Pendidikan Formal namun juga menyasar pelajar di Pendidikan non-formal yang berada di dalam

Mobil itu membawa ratusan buku yang tersusun rapi dalam rak khusus di dalam mobil. Para anak binaan di pun menyambut mobil perpustakaan keliling dengan sangat antusias karena memang sudah ditunggu-tunggu kedatangannya. Kehadiran mobil perpustakaan keliling ini merupakan tindaklanjut dari MoU yang sudah terjalin antara LPKA Palu dengan Dispusaka Provinsi Sulteng.

Henny selaku Kepala Subseksi Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan yang juga merupakan Kepala Sekolah di LPKA Palu, mengucapkan terima kasih atas kepedulian pihak Dispusaka Provinsi Sulteng terhadap anak-anak binaan LPKA Palu. “Anak-anak binaan tampak bahagia dengan adanya buku bacaan dari mobil Perpusling ini. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat serta menambah literasi guna meningkatkan pengetahuan lewat membaca buku,” ucap Henny.

Penuh kegembiraan dan keceriaan terlihat di wajah para anak binaan, semuanya penuh antusias memilih buku bacaan yang mereka gemari. Salah seorang anak binaan, RH mengungkapkan rasa syukurnya karena berkesempatan menambah wawasan melalui pelayanan perpustakaan keliling. “Terima kasih, hari ini menjadi pengalaman luar biasa yang saya rasakan bersama teman-teman lainnya. Tentu ini menjadi jendela ilmu yang bagi kami,” ujar RH.

Sementara, Revanda Bangun selaku Kepala LPKA Palu mengatakan pelayanan mobil Perpusling itu menambah minat baca anak menjadi meningkat karena mereka bisa menikmati buku bacaan yang lebih banyak lagi dan tentunya memberikan manfaat pengetahuan bagi para anak binaannya.

“Harapan kami sejak dini mereka gemar membaca dan senang berkunjung ke perpustakaan, kedepannya kami juga akan terus menyuguhkan tempat bacaan seperti ini bahkan bisa jadi kami akan mengajak para anak binaan berkunjung langsung ke Perpustakaan Provinsi Sulteng sehingga anak-anak menjadi terhibur dan semangat untuk terus meningkatkan literasi lewat membaca buku,” jelasnya.

Diketahui, kegiatan itu berlangsung di halaman depan kantor LPKA Palu dan diikuti oleh para anak binaan serta pengawasan yang melibatkan pihak regu pengawasan dan staf pembinaan.*/YAT