SULTENG RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) dan Perusahaan Umum Kantor Wilayah (Kanwil) Sulawesi Tengah meluncurkan penyaluran pemerintah di halaman kantor Wali Kota Palu, Jalan Balai Kota, Kota Palu, Jumat (26/1/2024).

Peluncuran penyaluran tersebut dilakukan langsung oleh Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid dan Pemimpin Wilayah Bulog Kanwil Sulteng, Heriswan. sendiri merupakan Pemda pertama di Sulteng yang melakukan peluncuran penyaluran bantuan pangan itu.

Hadianto mengatakan, penyaluran bantuan akan segera di akselerasi agar penerima manfaat yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) langsung merasakan asas manfaat dari bantuan itu.

Sementara itu, Pimwil Bulog Kanwil Sulteng, Heriswan, mengapresiasi langkah cepat Pemkot Palu untuk menyalurkan bantuan pangan. Menurutnya, hal itu akan mengurai permintaan komoditi beras di pasar sehingga stok dapat di akses masyarakat lain.

“Ketersediaan pasti berbanding lurus dengan menjaga harga pasar. Bantuan pangan akan mengurai permintaan di pasar tradisional, masyarakat penerima manfaat tidak perlu lagi membeli di pasar karena sudah mendapatkan bantuan pangan,” katanya kepada Sulteng Raya usai peluncuran bantuan.

Pimwil Heriswan menambahkan, stok untuk bantuan pangan di gudang Bulog sangat mempuni, setidaknya diakhir Januari 2024 atau awal Februari 2024, Bulog akan memiliki stok 11.000 ton.

“Kemudian, kami terus mengimbau kepada masyarakat Kota Palu untuk tidak panic buying stok beras di Kota Palu terjamin, jadi tidak perlu menimbun, cukup membeli sesuai kebutuhan demi pemerataan distribusi di tingkat konsumen,” katanya. RHT