RAYA – Hujan yang terus mengguyur Kota disertai angin kencang pada Selasa (23/1/2024) malam hingga Rabu (24/1/2024) pagi, menyebabkan sejumlah pohon tumbang di beberapa jalan protokol di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah.
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , mencatat, setidaknya terdapat sembilan pohon tumbang, tersebar di Jalan Sis Al-Jufri, Jalan Nanas, Jalan Durian, Jalan Banteng, belakang kantor Camat Palu Selatan, Jalan Pipit, Jalan RE Martadinata, Jalan Ahmad Dahlan, dan Jalan Undata.
“Sedikitnya ada sembilan titik lokasi pohon tumbang akibat dampak angin kencang dan hujan lebat melanda Kota Palu pada Rabu dini hari,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan RTH DLH Kota Palu, Herdy Firmansyah, Rabu (24/1/2024).
Demi mengantisipasi kemacetan, pihaknya mengerahkan petugas DLH untuk mengatasi pohon tumbang yang ada di Kota Palu.
Ia mengimbau warga tingkatkan kewaspadaan bila terjadi hujan disertai angin kencang, terutama pengguna jalan raya, karena saat ini Sulteng berada pada musim penghujan
“Selama ini kami rutin melakukan pemangkasan ranting-ranting pohon di jalan-jalan protokol supaya tidak mengganggu aktivitas masyarakat,” tutur Herdy.
Selain pohon tumbang, kata dia, sejumlah ruas jalan juga tergenang dampak hujan lebat mengguyur Kota Palu sejak dini hari hingga pagi hari. Salah satu jalan yang tergenang air bercampur material lumpur yakni Jalan Soekarno-Hatta dan kini telah dilakukan penanganan cepat.
“Jalur tersebut cukup pada dilalui kendaraan, sehingga sempat mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan telah dilakukan penanganan,” ucapnya.
Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti Pettalolo, didampingi sejumlah pejabat terkait yang meninjau beberapa lokasi pohon tumbang serta beberapa titik saluran air di Kota Palu, pada Rabu kemarin, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.
“Hal ini dikarenakan, saluran air yang meluap, salah satunya disebabkan oleh sampah-sampah yang dibuang sembarangan,” imbau Sekkot Irmayanti.
Adapun lokasi dikunjungi Sekkot Irmayanti, yakni lokasi pohon tumbang di Jalan Durian dan Jalan RE Martadinata, serta saluran air di Jalan Diponegoro dan sekitar Pasar Inpres Manonda, hingga genangan air di Jalan Soekarno Hatta depan Mapolda Sulteng.
Turut hadir mendampingi Sekkot Irmayanti, Kadis DLH Kota Palu, Moh Arif, Kalak Kota Palu, Prely Tambpubolon, Camat Palu Barat, Camat Tatanga, serta pejabat terkait lainnya.HGA